Jadwal Cpns Maret-April 2018 Registrasi Sscn.Bkn.Go.Id

Pendaftaran CPNS 2018 | Jadwal CPNS Maret-April 2018 Pendaftaran sscn.bkn.go.id Kabar terbaru CPNS telah mulai terdengar bahkan sempat dikabarkan bahwa di tahun 2018 mendatang, registrasi CPNS dibuka untuk kawasan diubahsuaikan dengan jumlah yang pensiun.

Lamanya moratorium membuka angka pensiun menjadi tinggi sedangkan penggantinya belum ada, sampai tahun 2018 berdasarkan perhitungan akan ada 220 ribu orang PNS yang pensiun kemudian lowongan CPNS Daerah yang dibuka 50% dari jumlah tersebut yakni 110 ribu orang.

 Kabar terbaru CPNS telah mulai terdengar bahkan sempat dikabarkan bahwa di tahun  Jadwal CPNS Maret-April 2018 Pendaftaran sscn.bkn.go.id

Bila memang ada bukaan CPNS 2018 maka yang kini menjadi pertanyaan ialah Kapan penyelenggaraannya dan bagaimana cara Pendaftaran CPNS 2018 tersebut? Maka disini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Jadwal Update dan Cara Pendaftaran CPNS 2018 Bukaan Daerah.

Perlu digaribawahi bahwa penerimaan CPNS 2018 tidak bisa dilakukan untuk semua kawasan melainkan memang khusus kawasan yang pertumbuhan pegawainya minus.

“Sesuai kebutuhan. Kita memang tidak mendapatkan yang sebesar jumlah PNS pensiun. Kami tetap mengacu pada pertumbuhan minus,” ungkap Asman di kantornya pada Selasa (14/11/2017).

Selain itu juga Menpan Asman sempat menyinggung mengenai proses bukaan CPNS 2018 yang memang sudah masuk pada tahap persiapan, tepatnya tengah persiapan syarat-syarat bagi kawasan yang akan membuka formasi CPNS 2018 termasuk di dalamnya penggunaan anggaran.

“Selain kementerian dan lembaga, untuk syarat-syarat deretan pemerintah kawasan pun sedang kita persiapkan sekarang. Syarat bagi kawasan yang akan kita berikan formasi, salah satunya dihentikan belanja pegawainya di atas 50 persen,” terang Asman.

Jadwal CPNS Maret-April 2018 Pendaftaran sscn.bkn.go.id


Patokan dari perekrutan CPNS 2018 ialah ketersediaan anggaran di daerah, alasannya kebijakan pembatasan penerimaan CPNS yang dikenal dengan kebijakan moratorium menetapkan kawasan yang boleh melaksanakan perekrutan CPNS ialah yang belanja pegawainya tidak lebih dari 50% APBD, artinya memang pendaftaran CPNS 2018 tidak diperkenankan melebihi jumlah pegawai yang pensiun.

“Ini lagi kita hitung kemampuan keuangan, kemudian proposal masing-masing kementerian dan pemerintah pusat juga pemerintah daerah. Nanti kita lihat prioritasnya, dan gres akan ketemu angkanya. Kami harap nggak lebih dari jumlah yang pensiun,” kata Asman lagi.

Formasi kawasan yang akan dibuka yaitu yang benar-benar diharapkan secepatnya, ditambah dengan kekurangan kuota bukaan CPNS 2017 dikarenakan peserta yang lulus tidak memenuhi jumlah kebutuhan dalam instansi.

“Kita meminta kepada kawasan untuk mengisi deretan yang betul-betul dibutuhkan, menyerupai guru, tenaga medis, dan infrastruktur. Bidang apa saja yang jadi konsentrasinya? Itu yang kita prioritaskan,” ucap Asman.

Mengenai prosesnya masih sama dengan bukaan CPNS sebelumnya yakni memakai sistem CAT lantaran memang berguru dari pengalaman itu tes CPNS berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti dengan sistem yang lebih terbuka, transparan dan akuntabel serta minim kecurangan.

“Alhamdullilah kemarin lancar, walaupun di sana-sini masih ada keluhan secara teknis. Overall, untuk pelaksanaan tesnya fair,” kata Asman.

Paling Dicari


Fakta Dibalik Dibukanya Pendaftaran CPNS 2018


Ternyata dibalik pembukaan registrasi seleksi CPNS 2018 ada beberapa fakta menarik di belakangnya. Penasaran apa saja faktanya ? Simak ulasan berikut.

Tahun 2017 akan segera berakhir, yang mana itu berarti pembukaan lowongan pekerjaan menjadi seorang CPNS 2018 akan segera dibuka. Hal ini tentu kabar yang sangat menggembirakan bagi para lulusan universitas yang hendak mencari pekerjaan dalam bidang kenegaraan menyerupai menjadi seorang pegawai negeri sipil ini.

Namun sebelum anda mendaftarkan diri anda menjadi peserta ujian cpns pada tahun 2018 ada beberapa fakta menarik seputar pembukaan registrasi cpns pada tahun 2018 yang perlu anda simak. Anda ingin tau bukan apa saja fakta-fakta tersebut ? Langsung saja anda simak ulasan selengkapnya berikut ini.

5 Fakta Menarik Dibalik Dibukanya Seleksi CPNS 2018

  1. Pemda Diperlobehkan Membuka Lowongan Namun Dengan Syarat
Pada pembukaaan lowongan CPNS 2018 tahun depan, pemerintah pusat ternyata menawarkan izin untuk pemerintah kawasan untuk membuka lowongan dan mendapatkan para calon pegawai negeri sipil baru. Namun begitu tetap ada persyaratan yang harus dilakukan oleh pemda setempat. Persyaratan tersebut salah satunya ialah belanja pegawai gres yang diterima dihentikan mencapai angka 50% dari anggaran pendapatan belanja milik kawasan atau biasa juga disingkat APBD.

  1. Pemda Hanya Di Izinkan Membuka Lowongan Yang Spesifik
Maksud dari pemerintah kawasan hanya diizinkan untuk membuka lowongan cpns dengan kriteria yang lebih spesifik adalah, pemda hanya diperbolehkan untuk mendapatkan calon pegawai negeri sipil yang memang jabatannya sedang kosong dan sedang sangat diharapkan oleh kawasan tersebut. Yang mana kebanyakan dari persyaratan ini ialah lowongan untuk tenaga medis, guru dan juga yang lain sebagainya yang berkaitan dekat dengan infrastruktur daerah.

  1. Diperuntukan Juga Untuk Formasi Yang Belum Terisi Pada Tahun 2017
Jadi pembukaan registrasi CPNS 2018 ini tidak hanya lantaran ada alasan seputar banyaknya jumlah pegawai negeri sipil yang menetapkan pensiun pada tahun 2017 namun juga lantaran adanya banyak deretan pada tahun 2017 yang belum terisi. Maksud dari posisi yang belum terisi ini ialah adanya pekerjaan kosong yang seharusnya diisi oleh seorang pns menyerupai instruktur anjing BNN, petugas perpustakaan dan juga lain sebagainya.

  1. Dibukanya Pendaftaran CPNS Tahun 2018 Karena Banyak PNS Yang Pensiun
Seperti yang telah kami ulas sebelumnya bahwa penyebab utama dari dibukanya registrasi cpns pada tahun 2018 ini lantaran banyaknya pegawai negeri sipil yang menetapkan pensiun pada tahun 2017. Total pns yang pensiun pada tahun 2017 ini mencapai 220 ribu orang. Karena jumlah yang banyak tersebutlah pemerintah sangat memerlukan tenaga kerja gres guna menunjang manajemen pemerintahan pada tahun 2018. Dan dengan dibukanya registrasi cpns pada tahun 2018, peluang anda untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil menjadi terbuka lebar.

  1. CPNS Yang Akan Diterima Hanya Sekitar 110 Ribu Orang
Menurut menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Birokrasi Reformasi atau biasa juga disingkat dengan PANRB, Asman Abnur menyampaikan bahwa walaupun ada sekitar 220 orang pegawai negeri sipil yang pensiun pada tahun 2017 namun untuk penerimaan cpns pada tahun 2018 hanya mencapai maksimal 50% dari jumlah pegawai negeri sipil yang menetapkan pensiun pada tahun 2017. Belum dijelaskan alasan rinci mengapa hanya diserap 50% dari jumlah total pns yang pensiun pada tahun 2017.


Sudah mengerti bukan apa saja fakta-fakta yang ada dibalik dibukanya kembali registrasi CPNS 2018 ? Dengan mengetahui fakta-fakta ini rasa ingin tau anda seputar alasan pembukaan lowongan cpns pada tahun 2018 ini sudah terjawab bukan ?

Dari keterangan tersebut hampir bisa dipastikan bahwa penerimaan CPNS 2018 akan segera berlangsung, nah mungkin teman CPNS2016.com bertanya-tanya kira-kira kawasan mana saja yang akan membuka lowongan CPNS 2018 tersebut.

11 Daerah Buka CPNS 2018

Dari penelusuran kami dan pemantauan update isu terbaru mengenai bukaan CPNS 2018 bahwa setidaknya ada 11 kawasan yang telah mengajukan deretan dan menuntaskan sistem manajemen menjelang bukaan CPNS 2018 yakni :

1. CPNS 2018 Kabupaten Bulukumba

Dikutip dari Berita Bulukmba bahwa pihak BKKDD Bulukumba telah mengusulkan sebanyak 2.130 orang untuk perekrutan CPNS tahuh ini, terdiri dari tenaga guru, kesehatan dan teknis dengan jumlah formasinya ialah 1.861 tenaga Guru SD/SMP, 196 tenaga kesehatan dan 73 tenaga teknis.

2. CPNS 2018 Kabupaten Soppeng

Berdasarkan isu dari Kata SULSEL 2017, berdasarkan Kepala BKPSDM Kabupaten Soppeng pada 20 November 2017 kemudian bahwa proposal deretan yang telah dikirimkan ke Kemenpan berjumlah 1083 orang terdiri dari 47 Formasi hanya saja keputusan bisa tidaknya Kabupaten Soppeng melaksanakan perekrutan CPNS 2018 harus menunggu surat perinta BKN.

3. CPNS 2018 Kabupaten Ciamis

Melalui Sekretaris BKPSDM Kabupaten Ciamis dijelaskan bahwa ada kekurangan pegawai namun pihaknya tidak bisa menetapkan untuk melaksanakan penerimaan CPNS 2018 lantaran semua itu wewenang dari pemerintah pusat, total kebutuhan pegawai ketika ini ialah 3.334 orang dan telah diajukan deretan CPNS sebanyak 1.415 orang.

4. CPNS 2018 Kabupaten Meranti

Berikut pernyataan Sekretaris BKD Kabupaten Meranti:

"Formasinya kami usikan ke Kementrian PAN RB pada 5 Mei 2017 lalu. Kekurangan PNS yang dilaporkan sebanyak 1.187 namun idealnya yang paling mendesak sebanyak 874,".

"Per Oktober 2017, jumlah PNS di Meranti hanya 3.310 orang. Jumlah itu niscaya akan berkurang, alasannya tahun ini dipastikan ada 84 PNS yang pensiun dan tahun 2018 mendatang jumlah PNS yang pensiun sebanyak 70 orang," ujarnya.

Lebih rinci deretan yang telah diajukan ke Kementrian PAN RB ialah sebagai berikut:
Guru SD: 483 orang, 
Guru SMP: 266 orang, 
Tenaga Kesehatan untuk RSUD: 170
Tenaga Kesehatan untuk Puskesmas: 119
Tenaga teknis untuk Dinas Perhubungan: 55 orang
Tenaga teknis untuk Dinas PU: 94 orang.
Total CPNS yang diajukan oleh Pemkab Meranti berjumlah 1.187 orang. 

5. Ada 7 CPNS 2018 Daerah Lainnya silahkan cek di sscn bkn 2018
0 Komentar untuk "Jadwal Cpns Maret-April 2018 Registrasi Sscn.Bkn.Go.Id"

Back To Top