Pengertian Pendidikan
Pendidikan ialah perjuangan sadar dan terjadwal untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga penerima didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia serta keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Unsur-unsur pendidikan
1. Subjek yg dibimbing (peserta didik)
2. Orang yg membimbing (pendidik)
3. Interaksi antara penerima didik dengan pendidik ( interaksi edukatif)
4. Ke arah manakah tujuan pendidikan ditujukan (tujuan pendidikan)
5. Pengaruh yg diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
6. Cara yang dipakai dalam bimbingan (alat dan metode)
Perbedaan pengajaran dan Pendidikan
Pengajaran:
- Lebih menekankan pada penguasaan wawasan dan pengetahuan ihwal bidang atau jadwal tertentu menyerupai pertanian, kesehatan dll
- Makan waktu yg relative pendek
- Metode lebih bersifat rasional, tekhnis praktis
Pendidikan:
- Lebih menekankan pada pembentukan manusianya (pemahaman perilaku dan nilai)
- Memakan waktu yang relatif panjang
- Metode lebih bersifat psikologis dan pendekatan manusia.
MENDIDIK, MENGAJAR DAN MELATIH
Mendidik: mununjukan perjuangan yg lebih ditujukan kepada pengembangan kebijaksanaan pekerti, hati nurani, semangat, kecintaan, rasa kesusilaan, ketaqwaan, dan lain2nya (Darji darmodiharjo).
Mengajar: berarti memperlihatkan pelajaran ihwal banyak sekali ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan kemampuan berpikirnya.
Latihan: ialah perjuangan untuk memperoleh keterampilan dengan melatihkan sesuatu berulang2 sehingga menjadi prosedur pembiasaan.
Tag :
SUDUT KAMPUS
0 Komentar untuk "Pendidikan"