Pengertian Dan Proses Globalisasi

A. Pengertian Globalisasi


1. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Globalisasi ialah proses masuk ke ruang lingkup dunia. Globalisasi berasal dari kata globe/global yaitu dunia atau bola dunia.  Dapat pula diartikan sebagai hal-hal kejadian secara  menyeluruh dalam banyak sekali bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi batas-batas yang mengikat secara nyata.
2. Globalisasi ialah suatu keadaan yang populer diseluruh dunia dimana korelasi sosial dan saling ketergantungan antar negara dan antar insan semakin besar, batas-batas kedaulatan suatu negara dan bangsa menjadi kabur serta keputusan atau aktivitas di belahan dunia yang satu sanggup mempengaruhi keputusan belahan dunia yang lain.
3. Secara literal, globalisasi ialah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan diantara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akhir transkulturasi dan perkembangan tekhnologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional.

B. Proses Globalisasi 

Dimulai ketika Vasco da Gama dan Christopher Columbus dari Eropa 500 tahun kemudian untuk berdagang, namun hal ini menjadi awal munculnya kehendak menguasai wilayah bangsa lain untuk menghisap kekayaan bangsa lain (kolonialisme), maka ketika itulah sudah mulai tertanam benih-benih yang namanya Globalisasi.  Oleh alasannya ialah itu globalisasi merupakan kelanjutan dari kolonialisme.  Era kolonialisme merupakan juga abad perkembangan paham kapitalisme di Eropa.  Paham kapitalisme dikembangkan oleh Adam Smith, Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang mengatur proses produksi dan pendistribusian barang dan jasa.  Ciri-ciri kapitalisme ialah : 1) Sebagian besar sarana produksi dan distribusi dimiliki individu. 2) barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas (free market) yang bersifat kompetitif, 3) modal baik berupa uang atau dalam bentuk kekayaan lainnya diinvestasikan ke barbagai perjuangan untuk mendapat keuntungan atau laba. Proses berikutnya dilanjutkan dengan abad pembangunan, yang ditandai dengan pementingan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang berpusat pada negara sendiri.  Ketika abad pembangunan mengalami krisis maka dunia masuk pada abad gres yaitu globalisasi.  Pada abad globalisasi ini negara-negara didorong untuk menjadi bab dari pertumbuhan ekonomi global.  Aktor utamanya bukan lagi negara sebagai mana di abad pembangunan, melainkan perusahaan-perusahaan transnasional (Trannational Corporations, TNCs) dan bank-bank transnasional (Transnational Banks, TNBs), Bank Dunia dan IMF (International Monetary Fund) atau dana moneter internasional, WTO, APEC (Asia Fasific Economic Cooperation), dll.  Semua proses globalisasi digerakkan oleh idiologi neoliberalisme.


Ciri-ciri Neoliberalisme: 
1. Perusahaan swasta bebas dari campur tangan pemerintah ( buruh, harga, investasi,dll).
2. Hentikan subsidi negara kepada rakyat dan privatisasi perusahaan milik negara. 
3. Penghapusan idiologi kesejahteraan bersama dan pemilikan bersama alasannya ialah itu menghalangi pertumbuhan.
Tag : PKN SMA
0 Komentar untuk "Pengertian Dan Proses Globalisasi"

Back To Top