Kebutuhan Mineral Dalam Tubuh

Kebutuhan mineral dalam tubuh hanya sedikit dibandingkan dengan zat yang lain. Namun lebih banyak macamnya. Berikut mineral yang dibutuhkan tubuh.

a) Kalsium (zat kapur)
Bahan kuliner yang mengandung zat kapur, misalnya kedelai, kacang merah, bayam, daging ayam, ikan, telur, dan lain-lain. Manfaat zat kapur dalam badan antara lain:
- pembentukan tulang dan gigi,
- membantu proses pembekuan darah, dan
- membantu fungsi saraf dan otot.

 hanya sedikit dibandingkan dengan zat yang lain Kebutuhan Mineral dalam tubuh

b) Fosfor
Bahan kuliner yang mengandung fosfor, misalnya kacang merah, jagung kuning, mete, udang, daging ayam, sapi, dan lain-lain. Manfaat fosfor dalam tubuh, di antaranya:
- membentuk tulang dan gigi,
- menjaga keseimbangan cairan tubuh.

c) Zat besi (Fe)
Bahan kuliner yang mengandung zat besi, misalnya bayam, daun ubi jalar, daun kelor, kedelai, telur, daging, ayam, sapi, hati, dan kacang panjang. Manfaat zat besi ialah pembentuk hemoglobin dalam darah. Bertugas utuk mengangkut oksigen di dalam tubuh. Kekurangan zat ini orang akan menderita anemia (kekurangan darah merah).

d) Yodium
Bahan kuliner yang mengandung yodium, misalnya garam dapur, ikan laut, sayuran, dan lain-lain.
Manfaat yodium bagi badan yaitu dibutuhkan sebagai pembentuk hormon thyroxin. Hormon thyroxin dihasilkan oleh kelenjar gondok. Bila kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran pada kelenjar gondok.

 hanya sedikit dibandingkan dengan zat yang lain Kebutuhan Mineral dalam tubuh

e) Flour (F)
Bahan kuliner yang mengandung flour, misalnya air minum, teh, kuliner yang berasal dari laut. Manfaat bagi badan yaitu mencegah karies gigi. Karena sifat kuliner melawan pengaruh asam.

f) Air
Air ialah zat yang memegang peranan penting. Pembakaran karbohidrat akan meningkatkan suhu tubuh. Agar suhu badan kembali normal maka air yang ada dalam badan sebagian dikeluarkan dari poripori kulit. Air tersebut berupa keringat. Di dalam badan air mempunyai kegunaan untuk:
- mengatur panas tubuh,
- mengangkut makanan,
- mengangkut sisa pembakaran, dan
- membentuk cairan tubuh.
Air sanggup kita peroleh dari air minum. Juga dari materi kuliner terutama buah, dan air sisa pembakaran karbohidrat, lemak, protein.
Tag : IPA kelas 5
0 Komentar untuk "Kebutuhan Mineral Dalam Tubuh"

Back To Top