Pendidikan Untuk Kala Depan

Pendidikan untuk Masa Depan - Masyarakat masa depan dengan ciri globalisasi, kemajuan iptek dan kesempatan mendapatkan arus gosip yang padat dan cepat tentulah memerlukan warga negara yang mau dan bisa menghadapi segala permasalahan serta siap mengikuti keadaan dengan situasi gres tersebut. Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi gres yang sanggup menghadapi tantangan zaman yang akan datang. Manusia masa depan yang harus dihasilkan oleh pendidikan antara lain insan yang melek teknologi dan melek pikir yang keseluruhannya disebut melek kebudayaan. 

Pendidikan akan menyiapkan penerima bimbing memasuki masyarakat masa depan. Oleh alasannya itu, keputusan dan tindakan dalam bidang pendidikan seharusnya berorientasi ke masyarakat masa depan tersebut. Ciri masyarakat masa depan itu antara lain:
  1. Globalisasi, utamanya dalam iptek, ekonomi, lingkungan hidup, pendidikan dan sebagainya.
  2. Perkembangan iptek makin cepat.
  3. Arus komunikasi yang semakin padat dan cepat, yang mengubah masyarakat menjadi masyarakat informasi.
  4. Peningkatan layanan profesional dalam banyak sekali segi kehidupan manusia. Khusus yang terakhir tersebut, perlu lebih dimantapkan profesionalisasi tenaga kependidikan.
Berdasarkan asumsi tersebut, pendidikan telah/sedang mengambil langkah-langkah mengantisipasinya baik pada lapisan sistem maupun institusional dan individual. Dengan demikian, pendidikan diperlukan bisa menghasilkan insan yang sanggup mengikuti keadaan serta bisa membuatkan masyarakat masa depannya itu. Secara khusus sanggup dikemukakan beberapa upaya antisipasi masa depan itu antara lain: Perubahan nilai dan sikap, pengembangan kebudayaan dan pengembangan sarana pendidikan.
Tag : SUDUT KAMPUS
0 Komentar untuk "Pendidikan Untuk Kala Depan"

Back To Top