Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan

Materi berikut ini membahas wacana Pentingnya Peraturan Perundang-undangan. Materi tersebut terdapat dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas 4 sekolah dasar. Simaklah uraian singkat bahan wacana Pentingnya Peraturan Perundang-undangan.

Pentingnya Peraturan Perundang-undangan

Mengapa harus ada peraturan? Peraturan dibentuk untuk mengatur kehidupan kita. Dengan menaati peraturan akan tercipta ketertiban dan ketenteraman. Peraturan harus ditaati dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran. Peraturan juga harus dilaksanakan di mana pun kita berada, contohnya di lingkungan sekolah. 

Sebagai siswa sekolah kita harus mematuhi semua peraturan yang ada di sekolah. Siswa dilarang mengganggu teman, dilarang menciptakan kekacauan, dilarang terlambat tiba ke sekolah, dilarang tidur pada dikala jam pelajaran, dan lain-lain.

 Materi berikut ini membahas wacana Pentingnya Peraturan Perundang Pentingnya Peraturan Perundang-undangan

Semua itu harus dilaksanakan oleh siswa dengan penuh kesadaran dan bukan sebab paksaan. Jika peraturan tersebut tidak dilaksanakan, maka akan menyebabkan ketidaknyamanan di lingkungan sekolah. Siswa juga tidak sanggup berguru dengan tenang. Kegiatan berguru mengajar di kelas juga akan terganggu. Apabila siswa ingin berguru dengan tenang, maka semua siswa harus memupuk kesadaran dan kepatuhan yang tinggi untuk selalu mematuhi peraturan. Jadi, apabila kita mau melakukan peraturan di sekolah dengan penuh kesadaran, maka akan tercipta suasana berguru yang nyaman.

Begitu juga dalam kehidupan bernegara. Setiap warga negara harus mematuhi dan melakukan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pentingnya mematuhi peraturan perundang-undangan antara lain:
a. mendorong terciptanya tertib hukum, dan
b. hak-hak masyarakat lebih terjamin.
Tag : PKn kelas 5
0 Komentar untuk "Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan"

Back To Top