Proses Sosial Dan Interaksi Sosial

Proses sosial terjadi dikala individu-individu dan kelompokkelompok saling bertemu dan berinteraksi. Interaksi sosial menjadikan adanya proses sosial suatu masyarakat. Proses sosial menjadikan munculnya perubahan dan perkembangan dalam masyarakat.

Sebagai makhluk sosial insan mempunyai hasrat untuk berkomunikasi, bergaul dan berhubungan dengan orang lain. Karena itu, interaksi dengan orang lain merupakan kebutuhan fundamental yang muncul dari dalam diri insan itu sendiri.

Pengertian Interaksi Sosial

Secara etimologis, interaksi berasal dari kata inter yang artinya berbalas-balasan dan aksi artinya tindakan. Jadi, interaksi berarti tindakan berbalas-balasan. Interaksi sosial merupakan kekerabatan sosial yang dinamis antarindividu, antar individu dengan kelompok dan antarkelompok.

Dalam interaksi sosial individu atau kelompok sanggup bekerja sama atau berkonflik. Interaksi sanggup dilakukan secara eksklusif dan tdak langsung.

Ciri-ciri interaksi sosial berdasarkan Charles P. Loomis:

a. Jumlah pelaku lebih dari satu orang.
b. Komunikasi antarpelaku memakai simbol dan lambang.
c. Adanya dimensi waktu masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang.
d. Ada tujuan yang hendak dicapai.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Menurut Soerjono Soekamto (1994:71), interaksi sosial terjadi sebab terpenuhinya dua syarat ialah kontak sosial dan komunikasi.

a. Kontak sosial
Dalam sosiologi kontak sosial sanggup terjadi dengan atau tanpa kekerabatan fisik. Kontak sosial dengan kekerabatan fisik misalnya dikala orang menepuk bahu orang yang kita sapa. Kontak sosial tanpa kekerabatan fisik misalnya komunikasi melalui telepon, email dan lain-lain.

b. Komunikasi
Komunikasi memuat komponen-komponen sebagai berikut:
1. Komunikator
2. Komunikan
3. Pesan
4. Media
5. Efek
Tag : ILMU SOSIAL
0 Komentar untuk "Proses Sosial Dan Interaksi Sosial"

Back To Top