Menu Makanan Bergizi Seimbang

Apakah sajian masakan bergizi seimbang itu? Kebutuhan gizi bagi tubuh ini dibedakan berdasarkan umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya. Menu masakan ialah susunan masakan yang dihidangkan untuk keluarga.

Menu sederhana terdiri atas masakan pokok dan sayur. Sudah seimbangkah? Hal ini diubahsuaikan dengan tingkat kebutuhan. Menu lengkap terdiri atas masakan pokok, sayur, lauk, dan buah. Untuk menyusun sajian makanan, kita harus mengenal materi makanan.
1) materi pokok : beras, jagung, ubi, sagu, dan lain-lain,
2) materi lauk pauk : ikan, telur, daging, tahu, tempe, dan lain-lain,
3) materi sayur : bayam , kangkung, labu, kacang panjang, dan lain-lain, dan
4) materi buah : pepaya, pisang, jeruk, dan lain-lain.

 Apakah sajian masakan bergizi seimbang itu Menu masakan bergizi seimbang
Dalam menghidangkan menu masakan bergizi seimbang harus memerhatikan komposisi zat makanan. Juga perlu memperhatikan komposisi warna. Agar acara makan menjadi menyenangkan.

Menu seimbang mengakibatkan tubuh sehat
Makanan bergizi lengkap dan seimbang merupakan masakan yang menyehatkan. Makanan ini sudah memenuhi zat-zat yang diharapkan tubuh. Antara lain karbohidrat, protein, mineral, air, dan zat-zat lain.

Penyakit sanggup timbul sebab masakan yang kita konsumsi tidak seimbang. Dalam menghindari perlu
memperhatikan kandungan zat dalam makanan. Mengapa orang yang sakit tubuhnya kurus? Pada waktu sakit kebutuhan gizi tubuh tidak memenuhi keseimbangan. Karena nafsu makan kita semakin turun dan tubuh menjadi kurus. Mengapa orang terlalu gemuk?

 Apakah sajian masakan bergizi seimbang itu Menu masakan bergizi seimbang

Makan yang melebihi kebutuhan disimpan dalam bentuk lemak. Lemak yang berada di bawah kulit. Jika cadangan itu terus bertambah mengakibatkan tubuh gemuk.
Tag : IPA kelas 5
0 Komentar untuk "Menu Makanan Bergizi Seimbang"

Back To Top