Perkembangan Kurikulum di Indonesia - Kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggara aktivitas berguru mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional no. 20 Tahun 2003)
Dalam sejarah pendidikan di Indonesia yang dimulai semenjak diproklamirkannya kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, tercatat sudah 8 kali kurikulum pendidikan nasional mengalami pengembangan, yaitu sebagai berikut:
Dalam sejarah pendidikan di Indonesia yang dimulai semenjak diproklamirkannya kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, tercatat sudah 8 kali kurikulum pendidikan nasional mengalami pengembangan, yaitu sebagai berikut:
- Kurikulum pertama tahun 1947. Kurikulum ini disebut sebagai rencana pelajaran 1947.
- Tahun 1964. Kurikulum ini disebut rencana pendidikan 1964.
- Tahun 1968.
- Tahun 1975. Dapat disebut kurikulum tahun 1975 lebih sistematik dari kurikulum-kurikulum sebelumnya.
- Tahun 1984. Kurikulum ini yaitu penyempurnaan kurikulum tahun 1975.
- Tahun 1994 ditambah dengan embel-embel tahun 1999.
- Tahun 2004. Kurikulum ini disebut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Walaupun kurikulum ini belum mempunyai landasan aturan pelaksanaan, berdasarkan Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas dalam buku berjudul Kurikulum Berbasis Kompetensi (2002:19) bahwa kurikulum ini telah diuji-cobakan terhadap beberapa sekolah rintisan dan ekspansi rintisan dari bulan Juli 2001 hingga dengan Juni 2004. Kurikulum inilah yang menjadi cikal-bakal munculnya Peraturan menteri Pendidikan Nasional (Permen Diknas) nomor 22 tahun 2006 perihal Standar Isi, nomor 23 tahun 2006 perihal Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan nomor 24 tahun 2006 perihal pelaksanaan Permen Diknas nomor 22 dan 23.
- Tahun 2006. Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Tag :
KOLOM GURU
0 Komentar untuk "Perkembangan Kurikulum Di Indonesia"