Jenis-Jenis Hak Asasi Manusia

Kita mengenal macam-macam hak asasi, diantaranya sebagai berikut:
  1. Hak asasi langsung atau personal rights, yang mencakup hak untuk bebas menyatakan pendapat, bebas memeluk agama, bebas bergerak, dan lain sebagainya. Contohnya, di kelas setiap siswa mempunyai hak untuk menyatakan pikirannya, termasuk untuk bertanya atau meminta klarifikasi guru.
  2. Hak asasi ekonomi atau property rights, ialah hak untuk mempunyai sesuatu, membeli atau menjual serta memanfaatkannya. Contohnya, setiap orang mempunyai hak untuk membeli beras.
  3. Hak asasi untuk mendapat perlakuan yang sama dalam aturan dan pemerintahan atau disebut rights of legal quality. Contohnya setiap warga negara Indonesia dari latar belakang apapun mempunyai hak yang sama untuk hidup aman. Oleh alasannya itu, setiap warga berhak mendapat proteksi dari pegawapemerintah keamanan. 
  4. Hak asasi politik atau political rights, ialah hak ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih (memilih dan dipilih) dalam pemilu. Contohnya, setiap warga negara Indonesia berhak mencalonkan diri sebagai presiden, gubernur, bupati, walikota, camat, atau lurah.
  5. Hak asasi sosial dan kebudayaan atau social and cultural rights, contohnya hak pendidikan, hak membuatkan kebudayaan. Contohnya, setiap anak Indonesia mempunyai hak untuk mendapat pendidikan formal di sekolah.
  6. Hak asasi untuk mendapat perlakuan tata cara peradilan proteksi atau procedural rights, contohnya hak perlakuan yang masuk akal dan adil dalam penggeledahan (razia), penangkapan, peradilan, dan pembelaan. Contohnya setiap warga negara Indonesia mempunyai hak untuk mendapat santunan pengacara ketika menghadapi sebuah kasus.
Tag : PKN SMP
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Hak Asasi Manusia"

Back To Top