5 Panduan Membaca Efektif


Di kurun yang sudah serba maju menyerupai kini ini, membaca yaitu salah satu hal yang niscaya sering kita lakukan. Tanpa kita sadari hampir setiap aktifitas yang kita lakukan sehari-hari tidak lepas dari membaca. Mulai dari membaca Koran, membaca sms di Hp kita, membaca papan reklame di jalan, membaca selebaran atau brosur penawaran dan lain-lain. Namun kali ini yang kita coba kupas yaitu kebiasaan kita membaca buku, atau karya ilmiah yang lain yang sifatnya menambah pengetahuan secara khusus bagi kita.

Nah, apakah Anda semua suka membaca? Agar apa yang Anda baca tak "menguap" begitu saja, ada strateginya! Dengan menerapkan sejumlah panduan dalam membaca, Anda akan mendapat sesuatu dari buku yang dibaca. Panduan berikut ini bisa menciptakan cara membaca Anda lebih efektif!


1. Scanning
Scanning atau membaca sepintas lalu, bertujuan untuk mendapat informasi, menjawab pertanyaan atau  menuntaskan problem yang spesifik. Misalnya, Anda ingin mengetahui perihal usaha perempuan dalam revolusi Indonesia di sebuah buku sejarah. Bacalah dahulu daftar isi, abstraksi, kesimpulan akhir, ringkasan, dan tabel-tabel di dalam buku tersebut. Cara ini memungkinkan Anda untuk menemukan potongan yang relevan dengan apa yang Anda cari, dan Anda sanggup hanya membaca informasi-informasi yang Anda butuhkan saja.


2. Skimming
Skimming yaitu membaca potongan awal sebuah bacaan secara cepat untuk memperoleh citra umum atau inti dari buku tersebut. Cari dan surveilah isi buku tersebut dengan membaca cepat potongan awal setiap babnya sampai Anda menemukan potongan yang Anda cari.

3. Membaca kalimat topik
Lakukan ini sebelum Anda membaca lebih dalam. Membaca kalimat-kalimat topik akan mempunyai kegunaan saat Anda mendapat bacaan yang padat atau konten yang benar-benar asing/baru bagi Anda. Bacalah kalimat topik atau kalimat inti dari setiap paragrafnya. Dengan ini, Anda akan mendapat overview atau citra dari potongan tersebut.

4. Baca secara detil
Setelah Anda melaksanakan 3 hal di atas, bacalah potongan utama atau potongan yang padat dari bacaan tersebut untuk menyaring bukti-bukti pendukung atau mendapat isi dari apa yang Anda cari. Bacalah perlahan, berikan perhatian pada hal-hal yang detil. Analisalah isi bacaan Anda dengan menghubungkan ide-ide yang terkait, mempertimbangkan banyak sekali sudut pandang, mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci dari bacaan tersebut, menerapkan inspirasi atau mentransfer pengetahuan dari bacaan tersebut, serta mengevaluasi argumen sang penulis terhadap bukti-bukti yang dipaparkan.

5. Bacalah untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda
Setelah membaca, mungkin Anda tertarik untuk menulis perihal apa yang Anda cari tersebut. Nah, tingkatkanlah kemampuan menulis Anda dengan memperhatikan struktur dan teknik yang dipakai dalam bacaan Anda. Perhatikanlah struktur keseluruhan bacaan tersebut, struktur dan panjang paragraf, konstruksi argumen penulis, penggunaan bukti-bukti untuk penulisan, analisis literaturnya, transisi serta diskursus penulisan (hubungan antara goresan pena satu dengan lainnya, serta alur (flow) goresan pena tersebut), serta penggunaan bahasa dan gaya goresan pena buku tersebut.

sumber: www.bimbel.primagama.co.id
Tag : TIPS KITA
0 Komentar untuk "5 Panduan Membaca Efektif"

Back To Top