Tanda-Tanda Dan Pandangan Mengenai Proses Globalisasi

A. Tanda-tanda Globalisasi 

1. Meningkatnya perdagangan global.
2. Meningkatnya ajaran modal Internasional, investasi eksklusif luar negeri.
3. Meningkatnya ajaran data lintas batas melaui internet, telepon dan satelit komunikasi.
4. Adanya desakan dari pecahan bumi lain untuk mengadili penjahat perang, menyerukan keadilan.
5. Meningatnya pertukaran budaya internasional melaui film hollywood, bollywood dan mandarin.
6. Menyebarnya paham multikulturalisme serta semakin besar kanal individu terhadap banyak sekali macam budaya.
7. Meningkatnya perjalanan turis lintas negara.
8. Meningkatnya imigrasi termasuk yang ilegal.
9. Berkembangnya infrastruktur telekomunikasi global.
10. Berkembangnya sistem keuangan global.
11. Meningkatnya kegiatan perekonomian  dunia yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan multinasional.
12. Menigkatnya tugas organisasi internasional ibarat WTO, IMF, Bank Dunia yang menangani urusan transaksi internasional. 

 
B. Pandangan Mengenai Proses Globalisasi

1. Kaum Skeptis : beropini mereka mengakui bahwa kontak antar bangsa kini ini lebih besar dibandingkan dengan masa sebelumnya tetapi tidak cukup terintegrasi untuk membentuk perekonomian global lantaran kegiatan ekonomi dunia terbagi dalam 3 blok perdagangan dunia ibarat ; Uni Eropa, Amerika Utara dan Asi Pasifik.  Oleh lantaran itu yang terjadi kini bukan globalisasi ekonomi dunia tetapi Regionalisasi perekonomian dunia.

2. Kaum Hiperglobalis : beropini bahwa globalisasi yakni tanda-tanda yang sangat konkret yang konsekwensinya sanggup dirasakan dihampir semua daerah di dunia.  Masing-masing negara tidak lagi bisa mengontrol perekonomian mereka lantaran perkembangan perdagangan dunia yang pesat.   Kemampuan para politikus negara sangat terbatas dalam menangani warta lintas batas sehingga mereka kehilangan perihal sistem pemerintahan yang ada, lantaran kebijakan ekonomi dipegang oleh 3 pemain drama ekonomi dunia yaitu, WTO (world Trade Organization), IMF (International Moneter Fund ) dan World Bank.

3. Kaum Transformatif : menyampaikan Tatanan global mengalami perubahan tetapi masih banyak contoh usang yang masih bertahan  ibarat pemerintah masih tetap mempunyai kekuasaan.  Perubahan kini ini tidak hanya terjadi di bidang ekonomi tetapi terjadi juga di bidang politik, sosial budaya.  Globalisasi bukan proses satu arah tetapi ajaran dua arah antara gambar, informasi dan pengaruh.  Negara mengadakan restrukturisasi diri untuk menjawab banyak sekali organisasi ekonomi dan sosial yang baru.
Tag : PKN SMA
0 Komentar untuk "Tanda-Tanda Dan Pandangan Mengenai Proses Globalisasi"

Back To Top