Membangun Huruf Guru

Membangun Karakter Guru - Guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar, bahkan sangat memilih berhasil-tidaknya penerima didik dalam belajar. Demikian halnya dengan pengembangan KTSP yang menuntut acara dan kreativitas guru dalam membentuk kompetensi eksklusif penerima didik. Oleh alasannya itu, pembelajaran harus sebanyak mungkin melibatkan penerima didik supaya bisa berekplorasi untuk membentuk kompetensi dengan menggali aneka macam potensi, dan membangun guru supaya mereka bisa menjadi fasilitator dan kawan berguru bagi penerima didiknya.

Agar guru bisa memerankan dirinya sebagai fasilitator pembelajaran, terdapat beberapa hal yang harus dipahami penerima didik ialah kemampuan, potensi, minat, hobi, sikap, kepribadian, kebiasaan, catatan kesehatan, latar belakang keluarga, dan kegiatannya di sekolah.

Sehubungan dengan pengambangan KTSP, guru perlu memperhatikan perbedaan individual penerima didik, sehingga dalam pembelajaran harus berusaha untuk melaksanakan hal-hal sebagai berikut:

  1. mengurangi metode ceramah;
  2. memberikan  kiprah yang berbeda bagi setiap penerima didik;
  3. mengelompokan penerima didik menurut kemampuannya serta diubahsuaikan dengan mata pelajaran;
  4. memodifikasi dan memperkaya materi pembelajaran;
  5. menghubungi seorang hebat kalau ada penerima didik yang memiliki kelainan;
  6. menggunakan mekanisme yang bervariasi dalam menciptakan evaluasi dan laporan;
  7. memahami bahwa penerima didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama;
  8. mengembangkan situasi berguru yang memungkinkan setiap anak bekerja dengan kemampuan masing-masing pada setiap pelajaran; dan
  9. mengusahakan keterlibatan penerima didik dalam aneka macam kegiatan pembelajaran.

Sumber bacaan: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan - ROSDA
Tag : KOLOM GURU
0 Komentar untuk "Membangun Huruf Guru"

Back To Top