Pengertian Nilai

Dalam pandangan filsafat, nilai (value; inggris) sering dihubungkan dengan dilema kebaikan. Sesuatu dikatakan mempunyai nilai apabila sesuatu itu berguna, benar (nilai kebenaran), indah (nilai estetika), baik (nilai moral), religius (nilai religi), dan sebagainya. Nilai itu ideal, bersifat ide. Karena itu nilai yakni sesuatu yang abnormal dan tidak sanggup disentuh oleh panca indera.

Beberapa pengertian perihal nilai:

1. Kamus Ilmiah Populer
Nilai yakni inspirasi perihal apa yang baik, benar, bijaksana dan apa yang berguna, sifatnya lebih abnormal dari norma.

2. Laboratorium IKIP Malang
Nilai yakni sesuatu yang berharga, yang berkhasiat yang indah, yang memperkaya batin, yang menyadarkan insan akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada kebijaksanaan yang berfungsi mendorong, mengarahkan sikap dan sikap manusia.

3. Nursal Luth dan Daniel Fernandes
Nilai yakni perasaan-perasaan perihal apa yang diinginkan atau tidak diinginkan yang menghipnotis sikap sosial dari orang yang mempunyai nilai itu. Nilai bukanlah sekedar benar salah, soal dikehendaki atau tidak, disenangi atau tidak. Nilai merupakan kumpulai sikap dan perasaan-perasaan yang selalu diperlihatkan melalui sikap oleh manusia.

Dari pengertian nilai di atas, sanggup dipahami bahwa nilai yakni kualitas ketentuan yang bermakna bagi kehidupan insan perorangan, masyarakat, bangsa dan negara. ***

________________________
Budiyanto. untuk Sekolah Menengan Atas Kelas XII. Erlangga
Tag : PKN SMA
0 Komentar untuk "Pengertian Nilai"

Back To Top