Mengenal Organisasi

Materi berikut ini merupakan bahan yang mengenalkan wacana istilah organisasi. Materi tersebut termuat pada mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) kelas 5 jenjang sekolah dasar. Berikut ulasan singkat mengenai organisasi. Semoga bermanfaat.

Tentu kalian tidak ajaib lagi dengan istilah organisasi. Organisasi artinya kawasan berkumpulnya orang-orang untuk melaksanakan banyak sekali acara dalam rangkai mencapai tujuan. Dalam melaksanakan acara organisasi, mereka akan saling kerja sama. Kerja sama dilakukan biar tujuan dalam organisasi sanggup tercapai.

Secara umum, organisasi sanggup dibedakan menjadi dua. Pertama, organisasi pemerintah, contohnya Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri, dan Departemen Luar Negeri. Kedua, organisasi nonpemerintah, contohnya koperasi, persatuan sepak bola, dan perkumpulan seni musik.

 Materi berikut ini merupakan bahan yang mengenalkan wacana istilah organisasi Mengenal Organisasi

Setiap organisasi baik organisasi pemerintah atau organisasi nonpemerintah mempunyai ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri sebuah organisasi antara lain mempunyai tujuan yang jelas, mempunyai anggota, mempunyai pemimpin dan pengurus, serta mempunyai acara yang pasti.

1. Pengurus dalam sebuah organisasi
Secara umum, organisasi terdiri atas ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, dan seksi-seksi. Mereka disebut juga pengurus organisasi. Untuk mewujudkan tujuan organisasi, maka setiap pengurus akan mendapat tugas. Setiap pengurus mempunyai kiprah yang berbeda-beda. Mereka membagi kiprah biar pekerjaan dalam organisasi itu sanggup diselesaikan dengan baik. Berikut ini pembagian kiprah setiap pengurus organisasi.

a. Ketua
Ketua yakni seorang pemimpin organisasi. Tugas ketua antara lain:
1) mengurus organisasi,
2) memimpin rapat organisasi,
3) menandatangani surat, dan
4) bertanggung jawab ke dalam dan keluar organisasi.

b. Sekretaris
Sekretaris yakni pengurus organisasi yang diserahi pekerjaan surat-menyurat. Tugas sekretaris antara lain:
1) menciptakan surat-surat yang diperlukan,
2) mencatat surat yang keluar dan surat yang masuk, dan
3) menciptakan agenda kegiatan.

c. Bendahara
Bendahara yakni pengurus keuangan dalam sebuah organisasi. Tugas bendahara antara lain:
1) mengurusi keuangan organisasi,
2) menciptakan laporan tertulis wacana keuangan organisasi, dan
3) mencatat pemasukan dan pengeluaran uang.

d. Seksi-seksi
Seksi-seksi merupakan bab dari organisasi yang bertugas mengurus urusan tertentu. Ada beberapa macam seksi, contohnya seksi keamanan, seksi kebersihan, dan seksi kekerabatan masyarakat. Setiap seksi bertanggung jawab sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Secara sederhana, susunan sebuah organisasi sanggup digambarkan dalam bagan berikut.

 Materi berikut ini merupakan bahan yang mengenalkan wacana istilah organisasi Mengenal Organisasi
Setiap pengurus organisasi harus melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Apabila tidak, maka tujuan sebuah organisasi tidak akan tercapai. Sesama pengurus organisasi juga harus saling bekerja sama.
Tag : PKn kelas 5
0 Komentar untuk "Mengenal Organisasi"

Back To Top