Kkm Dan Rentang Predikat Kurikulum 2013

Kami kutip dari buku Panduan Penilaian untuk SD (SD) tahun 2016 sebagai berikut: (Panduan Penilaian untuk SD (SD) halaman  9) Dalam memutuskan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara tolong-menolong kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dicantumkan dalam Dokumen I KTSP dan bersifat dinamis, artinya memungkinkan mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan proses pembelajaran. KKM dituliskan dalam bentuk angka (bilangan bulat) dengan rentang 0 – 100. Dengan demikian, penentuan KKM muatan pelajaran merupakan kewenangan
pendidik yang disetujui di tingkat Satuan Pendidikan melalui rapat dewan guru. KKM sanggup dibentuk berbeda untuk setiap mata pelajaran dan sanggup juga dibentuk sama untuk semua mata pelajaran pada suatu sekolah. Apabila sekolah menentukan KKM yang berbeda untuk setiap mata pelajaran, sekolah harus mempertimbangkan panjang interval setiap mata pelajaran.

KKM yang berbeda akan menjadikan interval predikat dan penentuan predikat yang berbeda. Misalnya, muatan pelajaran dengan KKM 75 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 75, sedangkan KKM 60 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 60.Hal ini berimplikasi antara lain pada format dan pengisisan rapor. Apabila sekolah menentukan KKM yang sama untuk semua mata pelajaran, contohnya dengan menjadikan KKM mata pelajaran paling rendah sebagai KKM satuan pendidikan. Hal ini akan menyederhanakan penentuan interval predikat serta format dan pengisian rapor. Nilai KKM ditulis dalam dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah.

Kemudian Lajut Ke Panduan (Penilaian untuk SD (SD) Halaman 46 Setelah KKM setiap muatan/mata pelajaran ditentukan, KKM satuan pendidikan sanggup ditetapkan dengan menentukan KKM yang terendah dari seluruh KKM muatan/ mata pelajaran. Misalnya, suatu sekolah menurut hasil analisis menentukan satu KKM untuk seluruh mata pelajaran 60. Rentang predikat sanggup memakai satu ukuran yang sama di satu sekolah. Misalnya, KKM satuan pendidikan 60, berarti predikat Cukup dimulai dari
nilai 60. Rentang predikat untuk semua mata pelajaran memakai rumus sebagai berikut:

 Kami kutip dari buku Panduan Penilaian untuk SD  KKM dan Rentang Predikat Kurikulum 2013
Sehingga panjang interval untuk setiap predikat 13 atau 14. Karena rentang predikat nilainya 13 atau 14, maka untuk mata pelajaran Matematika, rentang predikatnya sebagai berikut.

Contoh Rentang Predikat untuk KKM Satuan Pendidikan 60 Pada pola di atas, rentang predikat untuk predikat A yakni 13 sedangkan predikat B dan C rentang predikatnya 14.

 Kami kutip dari buku Panduan Penilaian untuk SD  KKM dan Rentang Predikat Kurikulum 2013


YANG PERLU DI PERHATIKAN ADALAH RENTANG PREDIKAT TIDAK BULAT ATAU ADA ANGKA DI BELAKANG KOMA
Maka kita sanggup menentukan angka bundar terdekat, maksudya ibarat pada yang di contohkan diatas



Contoh Rentang Predikat Dari Beberapa KKM KKM Satuan Pendidikan *)
 Kami kutip dari buku Panduan Penilaian untuk SD  KKM dan Rentang Predikat Kurikulum 2013

*) KKM Satuan Pendidikan memakai angka KKM Muatan Pelajaran paling rendah/minimal.

Dari uraian tersebut diatas sanggup diketahui. untuk rentang Predikat A (Sangat Baik), B ( Baik), C (Cukup), D (Perlu Bimbingan) menurut pada KKM Satuan Pendidikan
 
DOWNLOAD APLIKASI / FORMAT PENENTUKAN KKM DARI MASING-MASING KD
>>> klik https://kuikulumk13.mygeneralinfo.com//search?q=aplikasi-kkm-kurikulum-2013-sd

Kemudian aplikasi raport k13 sebisa mungkin kami sesuikan sesuai pedoman tersebut diatas, untuk aplikasinya sanggup di lihat di link berikut.
1. Aplikasi K13 SD Guru Kelas
2. Aplikasi K13 SD Guru Mapel
3. Aplikasi penilian per aktivitas untuk mencari nilai KD

Demikikan yang sanggup kami posting, biar bermanfaat.

Sumber/Referensi:
Buku Panduan Penilaian SD Tahun 2016 (download) 


0 Komentar untuk "Kkm Dan Rentang Predikat Kurikulum 2013"

Back To Top