Cpns 2018 Rekrutmen Tempat Dan Kementerian 250 Ribu Gugusan Menpan Sscn Bkn

CPNS 2018 Rekrutmen Daerah dan Kementerian 250 Ribu Formasi Menpan SSCN BKN | Loker2018.com Jadwal bukaan rekrutmen CPNS 2018 semakin dekat, sebelumnya ada planning dibuka awal bulan Juli sedangkan ketika ini sudah masuk di tamat Juni 2018, kapan bukaan niscaya CPNS 2018 dan seberapa besar peluang di masing-masing kawasan dan kementerian? Simak selengkapnya di CPNS 2018 Rekrutmen Daerah dan Kementerian 250 Ribu Formasi Menpan SSCN BKN.


Berdasarkan informasi terbaru bahwa bukaan akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan, dan yang paling gres 22 Juni 2018 kemudian oleh Karo Humas BKN, berikut pernyataan lengkapnya.

"Mudah-mudahan saja (dibuka Juli). Jika Pak Menpan oke, deretan sudah ada, kawasan dan kementerian atau forum sanggup berapa formasinya," ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

Prosesnya sendiri sudah masuk tahap final yakni sedikit lagi proses pelaksanaan CPNS itu bisa berlangsung, di tahap tamat ini BKn sedang menyiapkan perlengkapan ujian di masing-masing kantor regionalnya pada 34 provinsi.

"Kami sudah menyiapkan infrastruktur untuk penerimaan CPNS 2018," beliau menambahkan.

Di kesempatan wawancara dengan Karo Humas BKN itu juga tak lupa ditanyakan mengenai seberapa besar deretan yang dibuka, apakah menyerupai yang diberitakan selama ini yaitu 200 ribuan, dan memang benar jumlahnya demikian bahkan rentangnya bisa lebih banyak lagi mencapai 250 ribu orang.

‎"(Jumlah) Belum, tapi Pak Menpan beberapa kali bilang antara 200 ribu-250 ribu CPNS," ungkap dia.

Mengenai bidang yang diutamakan dan paling banyan dibuka dalam Rekrutmen CPNS tahun ini lebih condong peluang terbesarnya di tenaga pendidikan dan kesehatan, kemudian ditambahkan lagi tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Dengan sistem persyaratan wajibnya harus sesuai dengan jurusan masing-masing supaya nantinya ketika bekerja sesuai dengan keahlian di bidangnya, tidak nyebrang keahlian menyerupai pada rekrutmen CPNS tahun-tahun lalu, menyerupai berikut lebih jelasnya.

“Kita memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan anjuran ASN gres harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga sanggup meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” ujarnya.

Berdasarkan data ASN yang ada memang dominan jumlah terbanyak dipegang oleh guru dengan 2,7 juta orang, gres selebihnya ialah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen, total jumlah ASN yang aktif ketika ini kurang lebih ada 4,3 juta orang.

Lowongan CPNS 2018 yang dibuka ialah bertujuan untuk memenuhi kekurangan pegawai akhir pensiun, meninggal dunia dan lain-lain namun tetap berpedoman pada kemampuan pembiayaan pegawai di masing-masing daerah.

Selain memang deretan itu bersifat kebutuhan mendesak, hal lainnya yang tak kalah penting ialah APBD di kawasan tersebut mendukung. Artinya tidak semua kawasan sanggup menyelenggarakan registrasi CPNS 2018, dan sebaliknya ada beberapa kawasan yang membuka lowongan CPNS dengan jumlah besar.

Untuk mengetahui kawasan mana saja yang membuka lowongan CPNS 2018 maka teman pengunjung semua bisa memakai kolom pencarian di website Loker2018.com yang berada di kepingan kanan atas web, ketik kata kunci kawasan kemudian enter, atau bisa cek Pendaftaran CPNS 2018.

Semakin hari tuntutan kerja semakin tinggi, kompetensi yang dibutuhkan pun bukan lagi standar nasional melainkan yang nantinya bisa bekerja dengan tingkat kompetensi berkelas internasional, untuk menyambut persaingan global di Indonesia tahun 2024.

Hal ini dimulai dari langkah awal yakni rekrutmen CPNS 2018 kemudian beberapa hal lain yang termasuk dalam kegiatan strategis pemerintah yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Pemabaruan sistem informasi juga selama bukaan registrasi CPNS telah berinovasi dari sebelumnya yang hanya mengadalkan surat-surat resmi namun kini tengah menyiapkan akun pendukung sosial media resmi baik lewat twitter maupun facebook.

Seperti yang baru-baru ini bahwa diumumkan secara resmi melalui akun resmi twitter BKN, pelamar harus menyiapkan scan atau foto ijazah, transkrip nilai, foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan nilai TOEFL jikalau ada.

"Mimin sampaikan hal2 generik saja. Siapkan pula dok CV, nanti tinggal dicopas ke web SSCN," tulis akun tersebut.

Diingatkan pula bahwa registrasi CPNS sifatnya ialah penerimaan data dan kelengkapan manajemen pelamar artinya data dan manajemen harus valid kebenarannya sehingga jangan terburu-buru dalam proses registrasi terutama registrasi online alasannya ialah salah-salah bisa mengakibatkan gagal ikut tes CPNS.

Sedangkan tes CPNS ini tidak dibuka setiap tahun, jangan hingga momen langka yang menjadi harapan banyak orang ternyata hilang begitu saja akhir human error atau kesalahan yang sepele namun berakibat fatal, dan berikut himbauan resmi dari panitia seleksi CPNS 2018:

Anda juga jangan buru-buru mendaftar. Pelamar harus dengan seksama membaca persyaratan untuk jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Perlu dipersiapkan juga NIK dan KK yang akan dipakai untuk proses pendaftaran, alangkah lebih baik sebelum waktu registrasi itu datang kita cek ke Dinas Catatan Sipil datau Dukcapil apakah KTP dan KK (NIK) sudah terdaftar dan ada di database Dukcapil, lantaran proses ini nantinya bagi yang tidak terdaftar di database Dukcapil akan menghambat proses registrasi rekrutmen CPNS 2018.

"Sambil menunggu pengumuman penerimaan #CPNS2018 resmi dr @kempanrb, pastikan NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil," tulis admin BKN.

Semua informasi resmi hanyalah yang berasal dari instansi pemerintah yang berwenang di bukaan CPNS 2018, yakni Menpan dan BKN. Jangan hingga proses di tahun ini menjadikan pengalaman jelek lantaran tergiur dengan oknum-oknum yang bisa menjanjikan lulus CPNS jalur cepat, jalur belakang, dengan sogokan, titipan atau istilah-istilah lainnya.

Karena semenjak diberlakukannya sistem tes CPNS memakai komputer yang dikenal dengan CAT CPNS, semua asumsi itu bisa dibantah dan lulusan CPNS murni tanpa sogokan bukan lagi isapan jempol.

Hal ini telah disampaikan oleh panitia seleksi CPNS sebagai berikut.

"Jangan pernah percaya jikalau ada pihak yang menjanjikan sanggup membantu dalam penerimaan CPNS, dengan atau tidak dengan imbalan tertentu," ucap Ridwan dalam sebuah keterangan tertulis, Selasa (12/6/2018).

Pastikan kenali situs resmi CPNS di SSCN BKN 2018, apa itu SSCN BKN dan bagaimana cara aksesnya, simak penjelasannya berikut.

Sscn.bkn.go.id ialah website resmi yang dibentuk oleh bkn untuk menyeleksi calon pegawai negeri sipil. Dengan adanya seleksi calon pns secara online, diperlukan indonesia akan bebas dari kolusi, korupsi atau praktek nepotisme yang sudah banyak terjadi di tubuh milik pemerintah tersebut.

Tentu saja siapapun anda, anda bisa mengakses website resmi bkn ini dengan mudah. Cukup butuh koneksi internet, gadget atau laptop dan anda tahu alamat registrasi cpns online, anda sudah bisa masuk dengan gampang di website tersebut. Jika anda masih bingung, tak ada salahnya anda mengetahui informasi umum wacana cpns nasional online berikut dengan petunjuk pendaftarannya.

Bagaimana cara Pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id?

Meskipun tidak semua warga indonesia bahagia dengan pekerjaan yang ada di bawah naungan pemerintah, tetapi banyak dari warganya yang sangat mendambakan menjadi seorang pns lantaran pns dianggap sebagai pekerjaan yang akan menciptakan mereka hidup sejahtera.

Ternyata pemerintah mendengarkan keinginan warganya. Walaupun berdasarkan isu registrasi cpns cukup sulit, tetapi mulai kini anda yang ingin menjadi cpns, anda bisa mendaftar dengan gampang di sscn.bkn.go.id. Ketika anda membuka website tersebut, anda akan disuguhkan dengan banyak sekali informasi seputar registrasi cpns di indonesia.

Apa saja yang informasi yang disuguhkan oleh sscn.bkn.go.id?

Di website tersebut disebutkan bahwa pemerintah indonesia membuka kesempatan sebanyaknya bagi para pelamar yang ingin menjadi seorang abdi negara atau pns. Setidaknya, ada 2 deretan CPNS yang ditawarkan oleh pemerintah kepada pelamar pns, deretan umum dan deretan khusus.

Yang disebut dengan deretan khusus ialah lowongan kerja menjadi pns yang diadaptasi dengan kebutuhan setiap instansi pemerintahan. Sedangkan deretan khusus yang disebut di website resmi cpns ialah lowongan menjadi cpns yang diperuntukkan bagi mereka yang termasuk putra putri papua, atlet berprestasi, lulusan luar negeri, dan penyandang cacat.

Meskipun pemerintah membuka lowongan cpns untuk pelamar umum, tetapi tetap saja ada ketentuan yang harus anda penuhi. Seperti yang tercantum pada sscn.bkn.go.id, seseorang yang berminat menjadi cpns setidaknya wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut.

Pertama, termasuk warga negara indonesia. Kedua, berumur minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Untuk usia biasanya akan menyesuaikan kebijakan dari instansi yang merekrutnya. Ketiga, mempunyai ijazah dan sudah dinyatakan lulus dari sekolah tinggi tinggi. Keempat, jenjang pendidikan dan jurusannya harus sesuai dengan deretan cpns yang sedang dibutuhkan.

Pendaftaran cpns online tentu saja gratis dan tidak dipungut biaya sedikitpun. Tetapi jikalau anda mau diterima, anda harus mau mengikuti mekanisme registrasi cpns yang sudah ditentukan dari bkn. Sesuai informasi dari sscn.bkn.go.id, ada beberapa mekanisme yang meski diikuti oleh para pelamar.

Prosedur pertama ialah mengikuti seleksi tkd atau tes kompetensi dasar. Kedua, bagi mereka yang lolos tkd, mereka juga wajib ikut tes seleksi tkb atau tes kompetensi bidang. Tes tkd ini mencakup tes tertulis dan juga psikotes serta wawancara. Semoga bermanfaat!

Singkatnya sscn.bkn.go.id, website resmi milik pemerintah yang mengurusi wacana seleksi registrasi cpns secara online, yang mempunyai prinsip akurat dan transparan.

Jadwal CPNS 2018 Terbaru : Formasi dan Kuota CPNS 2018

Inforamsi seputar CPNS 2018 memang kini ini menjadi trending di beberapa kalangan. Pasalnya, banyak sekali orang yang ingin menjadi PNS. Menurut mereka, dengan menjadi PNS akan menciptakan keuangan keluarga bisa lebih terjamin. Disamping itu,menjadi PNS juga mempunyai jaminan dimasa bau tanah nanti.

Memang bagi PNS yang sudah pensiun, mereka masih mempunyai jaminan uang pensiun. Namun, untuk pemrosesan uang pensiun ini tidaklah mudah. Tak jarang dari mereka yang mengalami banyak rintangan yang harus dihadapi dikarenakan persyaratan yang harus dipenuhi cukup banyak.

Namun, tahukan anda untuk tahun 2018 ini penerimaan CPNS 2018 mempunyai kuota yang cukup sedikit dan hanya berlaku dibeberapa kawasan saja yang membukanya. Hal ini dikarenakan adanya ketentuan jumlah seluruh PNS di Indonesia harus dikurangi setiap tahunnya.

Dengan cara bagaimana?

Dengan cara tetap mempertahankan jumlah pegawai pensiun harus lebih besar daripada jumlah penerimaan pegawai. Hal ini tentunya akan menjadi sebauh hambatan tersendiri bagi calon pendaftar. Untuk itulah, melaksanakan persiapan mulai kini akan lebih baik daripada nanti sehabis pengumuman pembukaan lowongan CPNS 2018 diresmikan.

Lowongan Berdasarkan Formasi dan Kuota CPNS 2018

Berbeda denga tahun sebelumnya yang melaksanakan perekrutan Pegawai Negri Sipil ini secara besar-besaran, untuk tahun 2018 ini perekrutan hanyalah berdasarkan penggantian beberapa deretan dari total jumlah pegawai pensiun diseluruh indonesia. Jadi, kuota yang dibutuhkan untuk CPNS 2018 ini sangatlah sedikit. Untuk perkiraannya, pegawai yang pensiun jumlahnya sekitar kurang lebih seratus ribu pegawai. Dan itupun tidak seluruh tempatnya bisa digatikan oleh pegawai baru. Hanya sebagian saja yang bisa digantikan posisinya.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Menpan yang disampaikan beberapa waktu yang lalu, untuk seluruh jumlah pegawai pensiun hingga tahun 2020 nanti diperkirakan berjumlah 752.271 pegawai. Untuk perincian secara mendetailnya bisa lihat daftar dibawah ini.
1. Tahun 2016 pegawai yang akan pensiun berjumlah 122.515 orang pegawai
2. Tahun 2017 pegawai yang akan pensiun berjumlah 132.815 orang pegawai
3. Tahun 2018 pegawai yang akan pensiun berjumlah 156.349 orang pegawai
4. Tahun 2019 pegawai yang akan pensiun berjumlah 156.050 orang pegawai
5. Tahun 2020 pegawai yang akan pensiun berjumlah 184.542 orang pegawai

Jumlah pegawai pensiun pertahunnya ini, nantinya akan dipertahankan semaksimal mungkin hingga jumlah CPNS bisa sebanding dan jumlah PNS dimasin-masing kawasan berada dalam jumlah ideal.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, jumlah ini penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil ini tidak akan menyeluruh dibeberapa daerah. Apalagi untuk daerah-daerah yang terpencil yang jauh jangkauannya dengan kota. Akan semakin sulit untuk melaksanakan penerimaan calon pegawai baru. Untuk itu, sangat penting untuk selalu mengecek dan mencari informasi-informasi terupdate seputar lowongan CPNS 2018.

Bagi anda yang berada di kawasan yang terpencil, memang sulit untuk bisa mendaftarkan diri menjadi CPNS. Di beberapa sekolah terpencil saja, mash ditemukan hanya mempunyai satu guru saja yang sudah menjadi PNS. Itupun juga merangkap sebagai kepala sekeolah. Sangat ironis memang jikalau mendengar isu menyerupai ini. Namun, memang cukup sulit untuk bisa menyeimbangkan jumlah CPNS dan jumlah pegawai pensiun ini.

Demikian tadi sedikit informasi yang bisa kami sajikan untuk anda mengenai Lowongan berdasarkan Formasi dan Kuota CPNS 2018. Semoga informasi ini sanggup bermanfaat dan bisa menjadi tembahan informasi seputar CPNS 2018 untuk anda.
0 Komentar untuk "Cpns 2018 Rekrutmen Tempat Dan Kementerian 250 Ribu Gugusan Menpan Sscn Bkn"

Back To Top