Alhamdulillah
Semoga kita selalu dalam curahan kasing sayang-Nya.
Langsung saja pada kesempatan ini saya akan posting melaui blog sederhana ini . Bagaimana sih cara menciptakan nilai deskripsi pada raport kurikulum 2013 SD? Adakah panduan untuk menciptakan nilai atau mengolah nilai menjadi sebuah kalimat deskripsi pada raport K13 SD?
Untuk tanggapan panduan ada, yaitu di buku panduan evaluasi 2013 terbaru yaitu revisi 2016. Silahkan download buku nya pada postingan sebelumnya:(Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru) Dan caranya mengolah / menciptakan nilai deksripsi tentu ada dibuku tersebut... heheh.. ya iya lah....
Saya yakin Bapak/Ibu Guru sesudah mendowload tak perlu lagi membaca lanjutan postingan ini, alasannya yakni postingan ini juga dari buku tersebut, namun untuk sekaligus saya juga ikut membaca dan belajar, ditambah untuk nambah-tambah postingan blog.
Keterangan:
Penghitungan NA untuk setiap KD sanggup dilakukan sesuai dengan aktivitas evaluasi yang dilakukan dan pembobotan. Untuk penghitungan NA KD 3.6, 3.7, dan 3.9 didasarkan pada NPH dan NPAS. Hal ini dikarenakan ketiga KD tersebut terdapat pada tema 3 dan/atau 4 yang aktivitas pembelajarannya dilakukan sesudah Perguruan Tinggi Swasta Jika bobot di suatu satuan pendidikan yakni (2*NPH):NPAS, maka penghitungan NA KD memakai rumus sebagai berikut:
Lebih terperinci perihal KKM dan Predikat lihat postingan (KKM dan Rentang Predikat Kurikulum 2013)
Sedangkan capaian nilai pengetahuan Arora 81, maka predikat dan deskripsi nilai
Arora sebagai berikut
Untuk menuliskan deskripsi rapor, dimulai dari menganalisis capaian nilai KD tertinggi dan terendah. Berikut disajikan tabel nilai KD pengetahuan muatan pelajaran Bahasa Indonesia.
Keterangan:
KD di atas hanya sebagai contoh, apabila terjadi perubahan, KD diubahsuaikan dengan peraturan yang berlaku
Berdasarkan tabel di atas, tampak bahwa capaian nilai tertinggi pada KD 3.5 = 91 (sangat baik), sedangkan capaian nilai terendah pada KD 3.3 = 73 (cukup). Dengan demikian deskripsi rapor sebagai berikut.
Semoga kita selalu dalam curahan kasing sayang-Nya.
Langsung saja pada kesempatan ini saya akan posting melaui blog sederhana ini . Bagaimana sih cara menciptakan nilai deskripsi pada raport kurikulum 2013 SD? Adakah panduan untuk menciptakan nilai atau mengolah nilai menjadi sebuah kalimat deskripsi pada raport K13 SD?
Saya yakin Bapak/Ibu Guru sesudah mendowload tak perlu lagi membaca lanjutan postingan ini, alasannya yakni postingan ini juga dari buku tersebut, namun untuk sekaligus saya juga ikut membaca dan belajar, ditambah untuk nambah-tambah postingan blog.
Pengolahan Hasil Penilaian Pengetahuan
Hasil evaluasi pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan memakai angka (bilangan bundar skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat konkret terkait capaian kemampuan penerima didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD.A. Pengolahan nilai pengetahuan
Data pada tabel di bawah ini yakni pola hasil pengolahan evaluasi pengetahuan dalam satu semester untuk muatan pelajaran Bahasa Indonesia.Keterangan:
- Nilai evaluasi harian (NPH) merupakan rerata nilai dari evaluasi harian (tes dan nontes) pada setiap KD per mata/muatan pelajaran.
- Nilai evaluasi tengah semester (NPTS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per mata/muatan pelajaran
- Nilai evaluasi final semester (NPAS) atau nilai evaluasi final tahun (NPAT) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per mata/muatan pelajaran.
- Nilai final semester (NAS) atau nilai final tahun (NAT) diperoleh dari NPH, NPTS dan NPAS/NPAT pada KD per mata/muatan pelajaran yang dipakai untuk pengisian nilai rapor.
- Predikat diperoleh dari hasil nilai final masing-masing mata/muatan pelajaran, sebelum dideskripsikan pada rapor. Rentang predikat ditentukan oleh masingmasing satuan pendidikan dengan mempertimbangkan KKM.
- Deskripsi ditulis menurut capaian nilai tertinggi dan terendah dari capaian KD. Kalimat pada deskripsi rapor ditulis menurut hasil analisis KD berupa kata kunci.
b. Menentukan Nilai Akhir
Penghitungan NA untuk setiap KD sanggup dilakukan sesuai dengan aktivitas evaluasi yang dilakukan dan pembobotan. Untuk penghitungan NA KD 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.8, dan 3.10 didasarkan pada NPH, NPTS, dan NPAS. Jika bobot di suatu satuan pendidikan yakni (2*NPH):NPTS:NPAS, maka penghitungan NA KD memakai rumus sebagai berikut:Penghitungan NA untuk setiap KD sanggup dilakukan sesuai dengan aktivitas evaluasi yang dilakukan dan pembobotan. Untuk penghitungan NA KD 3.6, 3.7, dan 3.9 didasarkan pada NPH dan NPAS. Hal ini dikarenakan ketiga KD tersebut terdapat pada tema 3 dan/atau 4 yang aktivitas pembelajarannya dilakukan sesudah Perguruan Tinggi Swasta Jika bobot di suatu satuan pendidikan yakni (2*NPH):NPAS, maka penghitungan NA KD memakai rumus sebagai berikut:
Dengan demikian penghitungan NA Muatan pelajaran sanggup dilakukan dengan
menggunakan rumus: NA Mupel = Rata-rata NA KD
c. Menentukan Predikat dan Deskripsi Nilai
Contoh pengolahan nilai dan deskripsi rapor Arora di sekolah mempunyai KKM satuan pendidikan 70, maka rentang predikat menurut rumus sebelumnya diperolehdata sebagai berikut .Lebih terperinci perihal KKM dan Predikat lihat postingan (KKM dan Rentang Predikat Kurikulum 2013)
Arora sebagai berikut
Untuk menuliskan deskripsi rapor, dimulai dari menganalisis capaian nilai KD tertinggi dan terendah. Berikut disajikan tabel nilai KD pengetahuan muatan pelajaran Bahasa Indonesia.
Keterangan:
KD di atas hanya sebagai contoh, apabila terjadi perubahan, KD diubahsuaikan dengan peraturan yang berlaku
Berdasarkan tabel di atas, tampak bahwa capaian nilai tertinggi pada KD 3.5 = 91 (sangat baik), sedangkan capaian nilai terendah pada KD 3.3 = 73 (cukup). Dengan demikian deskripsi rapor sebagai berikut.
Ananda Arora sangat baik dalam mengenal kosakata perihal cara memelihara kesehatan melalui teks pendek, cukup dalam menguraikan lambang suara vokal dan konsonan.
Itualah postingan perihal langkah-langkah menciptakan nilai deksripsi raport pada kurikulum 2013 jenjang SD.
Berikut ini: Cara menciptakan deskripsi raport keterampilan (ada sedikit perbedaan yaitu memakai nilai optimum)
Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Menciptakan Nilai Deskripsi Kurikulum 2013"