Percaya Diri



PERCAYA DIRI

Yan Karta Sakamira
15 Januari 2018

Percaya diri ialah suatu perilaku kasatmata seorang individu yang memampukan dirinya untuk menyebarkan evaluasi kasatmata baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Sehingga dengan alasan ini, ia akan bisa melaksanakan tindakan sesuai dengan apa yang ia inginkan, rencanakan dan harapkan.

Mukmin harus percaya diri menjalani hidup sebagai hamba Allah, bukan sebagai hamba yang lainnya. Seseorang yang menjalani hidup sebagai hamba selain Allah, membuktikan bahwa ia tidak yakin bahwa rizky dan takdir seseorang, Allah yang tentukan.

Rasulullah bersabda:

“Jadilah orang yang bersama Allah, manakala kau belum sanggup bersama Allah, maka jadilah orang yang bersama orang yang bersama Allah. Karena bahwasanya orang tersebutlah yang menyambungkan kau kepada Allah”. (HR: Abu Dawud)

ORANG BERIMAN TIDAK BOLEH LEMAH

Allah berfirman:

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Janganlah kau bersikap lemah, dan janganlah (pula) kau bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), kalau kau orang-orang yang beriman.” (QS. Ali Imran : 139)
Allah berfirman:
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kau merasa takut dan janganlah kau merasa sedih; dan bergembiralah kau dengan (memperoleh) nirwana yang telah dijanjikan Allah kepadamu". (QS. Fusshilat: 30).

ORANG BERIMAN TIDAK BOLEH TERLALU PERCAYA DIRI
Mukmin dalam menjalani hidup harus percaya diri bahwa segala sesuatu yang terjadi padanya atas kehendak Allah, namun juga dihentikan terlalu percaya diri, menyerupai mengagumi kepandaiannya, kekuasaannya, kekayaanya, seperti dirinya tidak perlu Allah lagi.
Allah berfirman:
كَلا إِنَّ الإنْسَانَ لَيَطْغَى (٦) أَنْ رَآهُ اسْتَغْنَى (٧
“Ketahuilah, bahwasanya insan itu benar-benar melampaui batas, alasannya ialah ia melihat dirinya serba cukup”. (QS. Al-‘Alaq: 6 – 7)




Tag : TAUSYIYAH
0 Komentar untuk "Percaya Diri"

Back To Top