Penyebab Kehancuran Umat Terdahulu



PENYEBAB KEHANCURAN UMAT TERDAHULU

Yan Karta Sakamira
5 Januari 2018

Rasulullah telah menjelaskan kepada kita bahwa penyebab hancurnya umat-umat terdahulu adalah:
1.       Banyak bertanya
2.       Berdebat dalam Urusan Agama

BANYAK BERTANYA

Rasulullah telah melarang para sobat semoga tidak banyak bertanya, alasannya dikuatirkan (dengan tanggapan yang diberikan) justru memberatkan mereka, juga semoga tidak disibukan oleh hal-hal yang tidak ada gunanya, disamping sebagai langkah preventif semoga sesame kaum muslimin tidak berbantahan (berdebat), sebagaiman yang menimpa umat-umat sebelumnya.

Dalam menafsirkan ayat:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَسْأَلُوا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ وَإِنْ تَسْأَلُوا عَنْهَا حِينَ يُنَزَّلُ الْقُرْآنُ تُبْدَ لَكُمْ عَفَا اللَّهُ عَنْهَا وَاللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ (101)

“Janganlah kau menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang kalau diterangkan kepadamu, pasti menyusahkan kamu”. (QS. Al-Maidah: 101).

Ibnu Abbas berkata: Tunggulah, dan dikala turun ayat al-Qur’an janganlah kalian bertanya ihwal sesuatu, alasannya kalian pasti mendapat penjelasannya.


BERDEBAT DALAM URUSAN AGAMA

Penyebab utama perpecahan umat ialah perdebatan dalam problem agama, sehingga menjadikan perselihan yang mengakibatkan perpecahan dan tercerai-berai dalam banyak sekali jalan kesesatan.

Allah berfirman:

شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّىٰ بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَىٰ ۖ أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ ۚ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ ۚ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَنْ يُنِيبُ

“Dia telah mensyari'atkan bagi kau ihwal agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kau berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kau seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya)”. (QS. As-Syura: 13)

Dalam rangka mengantisipasi perpecahan,

Dari Jadab bin Abdullah al-Jabali ra berkata, Rasulullah bersabda,

اِقْرَأُوْا الْقُرْآنَ مَا ائْتَلَفَتْ عَلَيْهِ قُلُوْبُكُمْ فَإِذَا اخْتَلَفْتُمْ فَقُوْمُوْا عَنْهُ

“Bacalah Al-Qur`an selama hati-hati kalian masih bersatu, maka kalau kalian sudah berselisih maka berdirilah darinya”. (HR: Bukhari)

 Sumber: Musthafa al-Bugho, Pokok-pokok Ajaran Islam, Alam Books Publishing, Depok, 2014

Tag : TAUSYIYAH
0 Komentar untuk "Penyebab Kehancuran Umat Terdahulu"

Back To Top