Berdoa Di Awal Dan Di Simpulan Pembelajaran (Amanat Pembina Upacara)









Seperti biasa, dalam acara rutinitas sehari-hari kita selalu melakukan doa bersama pada dikala sebelum memulai pembelajaran dan sehabis berakhir pembelajaran. 

Tujuan kita berdoa apa ? 

Di awal pembelajaran, dalam berdoa kita mengharapakan supaya materi-materi yang disampaikan oleh guru sanggup kita pahami dan pelajari dengan mudah.

Dan pada selesai pembelajaran, tentunya kita mengharapkan supaya pelajaran, ilmu-ilmu pelajaran dan pengalaman yang disampaikan oleh guru kita dikala di kelas,dapat kita resapi, terus diingat dan berkhasiat bagi kita dimasa-masa yang akan datang, baik itu untuk menghadapi tugas, ulangan dan ujian pada khhususnya, maupun untuk menjalani kehidupan dimasyarakat nantinya.

Dalam berdoa, ada 3 unsur yang kita fokuskan dalam diri kita, yakni hati dan pikiran, ucapan dan tindakan. 

Dalam berdoa, hati dan pikiran kita haruslah tenang, merendahkan hati kita, penuh harap dan pastinya khusu’.
Bagaimana dengan ucapan kita, tentunya jangan tergesa-gesa, jangan masing-masing keras dengan kehendak sendiri, pantaskah ibarat itu ? coba kita pikirkan kembali, kalau cara berdoa ibarat ini kita lakukan ? akan kah doa kita dikabulkan ?
Oleh sebab itu, cobalah dari kini diubah kebiasaan ibarat itu, berapa menit sih waktu kita berdoa, toh tidak usang juga.
Terakhir tindakan kita, yang namanya doa,tentunya dibarengi dengan ikhtiar kita, jangan kita berdoa macam-macam, tapi dikerjakan malah tidak. Misalnya kita berdoa mudah-mudahan dipahamkan dalam belajar, tapi ketika mencar ilmu malah tidak memperhatikan, tak diperdulikan, ketika disuruh mengerjakan kiprah dan tidak sanggup mengerjakannya, jangan mengeluh, sanggup jadi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh guru bukan bersumber dari buku, tapi dari penjelasan-penjelasan lisan.
Oleh sebab jangan juga doa kita tidak diiringi denagn tindakan kita atau ikhtiar kita.

Sekali lagi, dalam berdoa tentunya harus ada 3 unsur yang kita fokuskan pada diri kita dalam berdoa, yakni hati dan pikiran kita, ucapan atau verbal kita, dan tindakan atau ikhtiar kita.

Demikian amanat yang sanggup disampaikan pada kesempatan ini salah kata harap dimaafkan, jikalau ada kekurangan silahkan ditambahkan dilain kesempatan.

----HR----
Tag : Amanat
0 Komentar untuk "Berdoa Di Awal Dan Di Simpulan Pembelajaran (Amanat Pembina Upacara)"

Back To Top