Fomat Laporan Inventaris (Kib A, Kib, B, Kib, C, Kib D, Kib E, Kib F, Buku Inventaris Barang, Rekapitulasi Inventaris Barang Dan Sebagainya)

Fomat Laporan Inventaris (KIB A, KIB, B, KIB, C, KIB D, KIB E, KIB F, Buku Inventaris Barang, Rekapitulasi Inventaris Barang dan sebagainya)

Fomat Laporan Inventaris (KIB A, KIB, B, KIB, C, KIB D, KIB E, KIB F, Buku Inventaris Barang, Rekapitulasi Inventaris Barang dan sebagainya)

 Rekapitulasi Inventaris Barang dan sebagainya Fomat Laporan Inventaris (KIB A, KIB, B, KIB, C, KIB D, KIB E, KIB F, Buku Inventaris Barang, Rekapitulasi Inventaris Barang dan sebagainya)

Fomat Laporan Inventaris (KIB A, KIB, B, KIB, C, KIB D, KIB E, KIB F, Buku Inventaris Barang, Rekapitulasi Inventaris Barang dan sebagainya)

Laporan inventaris barang yang ada pada setiap sekolah senantiasa harus dibentuk pelaporannya, dimaksudkann untuk mendata aset apa saja yang ada di sekolah tersebut. Dalam pelaporan inventaris barang, di dalam nya ada beberapa uraian, menyerupai :

Jenis-jenis pelaporan tersebut di atas ialah sifatnya mutlak harus sesegera dikerjakan atau dikumpulkan. Tetapi untuk yang masih gres dalam tugasnya sebagai Penyimpan Barang, maka tiap-tiap jenis pelaporannya haruslah mengerti, apa saja yang harus dimasukan ke dalam tiap-tiap jenis pelaporan inventaris barang tersebut ?

Untuk klarifikasi singkatnya mengenai jenis-jenis pelaporan inventaris, disini aku akan menjelaskannya walaupun hanya sekilas menurut isu yang aku sanggup dari Pak Sarif Hidayat, S.Pd. Langsung saja, apa inventaris itu ? Inventaris yaitu suatu daftar akomodasi yang ada di suatu instanti ataupun yang lain beserta isinya. Inventaris ditujukan untuk memberi suatu tanda pengenal bagi semua akomodasi yang ada di setiap instansi dalam hal ini sekolah dan juga haruslah inventaris tersebut mengandung isu yang terang dan gampang dimengerti dengan cepat, guna membantu kelancaran pekerjaan.

Inventaris yang ada di sekolah ada yang bersumber dari pemerintah Daerah, Provinsi, maupun Pemerintah Pusat. Barang-barang yang sifatnya inventaris haruslah dijaga keberadaannya, dijaga dari kerusakan, senantiasa merawatnya sehingga inventaris yang ada di sekolah sanggup membantu aktivitas berguru mengajar yang berlangsung di sekolah.

  • Dalam pelaporan inventaris, ada yang namnya Buku Inventaris Barang. Sesuai dengan Judul pelaporannya, Buku Inventaris Barang tersebut dipakai untuk mendata buku-buku apa saja yang ada di sekolah tersebut, dimulai dari kondisi fisiknya bagaimana, tahun pembelian, asal perolehan buku tersebut, jumlah, dan lain sebagainya sesuai dengan format pelaporannya.
  • KIB A. Apa itu KIB A ? KIB A dipakai untuk mendata aset tanah. Informasi mengenai segala yang menyangkut dengan tanah (dalam hal ini tanah yang dipakai dalam instansi tersebut) baik itu asal mu asal perolehan tanah itu dari mana, tahun pembelian, luas tanah, harga perolehan ketika itu, dan sebagainya. Informasi mengenai tanah tersebut dimasukan ke dalam format KIB A.
  • KIB B. Apa itu KIB B ? KIB B dipakai untuk mendata barang-barang selain tanah dan bangunan.
  • KIB C. Apa itu KIB C ? KIB C dipakai untuk mendata bangunan gedung pendidikan.
  • KIB D. Apa itu KIB D ? KIB D dipakai untuk mendata jaringan, menyerupai listrik atau Internet.
  • KIB E. Apa itu KIB E ? KIB E dipakai untuk mendata aset tetap menyerupai barang habis pakai misalnya buku-buku.
  • KIB F. Apa itu KIB F ? KIB F dipakai untuk mendata bangunan yang masih dalam pengerjaan.
  • Daftar Mutasi Barang, dipakai untuk mengetahui keadaan barang yang bertambah atau berkurang
  • Rekapitulasi Jumlah Barang digunakan untuk mengetahui jumlah total keadaan barang plus jumlah harga barang tersebut
  • Laporan Jumlah Barang digunakan penggunaannya hampir sama dengan buku inventaris yang menyangkut keseluruhan aset yang ada di sekolah tersebut plus aset lainnya.
  • Rekapitulasi Daftar Mutasi Barang, penggunaannya untuk mengetahui jumlah awal dan jumlah final secara keseluruhan.
  • Penetapan Status Produktif, ialah aset tetap untuk ditetapkan status penggunaannya.
  • Penetapan Status Non Produktif, ialah data barang-barang yang sudah tidak sanggup dipakai lagi.
  • Buku Hasil Pengadaan Barang, dipakai untuk data barang yang gres dibeli.
  • RKBU, dipakai untuk mencatat apa saja yang dipakai untuk kebutuhan sekolah tersebut di waktu yang akan datang.
  • Laporan Semester, melaporkan aset sekolah atau barang milik tempat dalam jangka waktu 6 bulan sekali.
0 Komentar untuk "Fomat Laporan Inventaris (Kib A, Kib, B, Kib, C, Kib D, Kib E, Kib F, Buku Inventaris Barang, Rekapitulasi Inventaris Barang Dan Sebagainya)"

Back To Top