Apa Itu Buku Guru Dalam Kurikulum 2013 ?


Pada kesempatan ini saya akan posting wacana buku guru yang semoga bisa bermanfaat. Langsung saja ya berikut saya copy pastekan.

Tentang Buku Guru

Buku ini disusun biar guru menerima citra yang terperinci dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi hal-hal berikut.

1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru wacana suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran.
2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
3. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
4. Berbagai teknik evaluasi siswa.
5. Informasi yang menjadi teladan kegiatan remedial dan pengayaan.
6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru siswa di rumah.
7. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk membuatkan kompetensi (sikap,
pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui kegiatan yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal berikut.

1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, menyerupai membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memperlihatkan masalah, dan sebagainya.

2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).

3. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya biar siswa sanggup mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.

4. Pemberian kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.

5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.

6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.

7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Guru

Buku Guru mempunyai dua fungsi, yakni sebagai petunjuk penggunaan bukusiswa dan sebagai teladan kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai
berikut.
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
3. Upayakan untuk meliputi KI-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung
pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
4. Dukunglah ketercapaian KI-1 dan KI-2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang bekerjasama dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, siswa tidak sanggup mengamati tanaman di luar kelas pada ketika hujan).
7. Beragam seni administrasi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya: siswa bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan
menggambar), selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
8. Guru diharapkan mengembangkan:
     a. Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem);
     b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi;
     c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran; dan
     d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
9. Gunakanlah media atau sumber berguru alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
10. Pada semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing
subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.

12. Aktivitas ahad ke-4 berupa banyak sekali kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan ahad ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang erat dengan keseharian siswa.

13. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu

14. Buku siswa dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.

15. Hasil karya siswa dan bukti penilaiannya sanggup dimasukkan ke dalam portofolio siswa.

16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi sehabis satu subtema selesai.

Misalnya faktor-faktor yang menjadikan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.

17. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman wacana kecerdasan majemuk, gaya berguru siswa, bermacam-macam faktor penyebab efektivitas, dan kesulitan berguru siswa sangat dibutuhkan.

18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan janji guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kerja Sama dengan Orang Tua

Orang renta diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan kegiatan berguru siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang renta dicantumkan juga pada setiap final pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang renta sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang renta dan siswa di rumah.

Demikanlah postingan pada kesempatan ini.

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA K13 SD PADA LINK BERIKUT:
Semester 1 >>>  https://goo.gl/54jaoh
Semester 2 >>>  https://goo.gl/VD5fsb
0 Komentar untuk "Apa Itu Buku Guru Dalam Kurikulum 2013 ?"

Back To Top