Assalamualaikum Wr Wb
Pada kesempatan ini saya akan posting perihal rpp. RPP merupakan abreviasi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajar. RPP penting untuk seorang guru. Dimiliki dan semestinya bisa di buat sendiri alasannya yaitu masing-masing sekolah atau guru bisa saja berbeda.
Sebelumnya saya minta maaf alasannya yaitu saya OPS kok memposting perihal RPP. Tujuan posting perihal RPP alasannya yaitu mencoba sharing saja dari banyak sekali sumber siapa tahu bisa bermanfaat untuk pribadi saya dan rekan semuanya. Sebenarnya kalau pernah mengikuti diklat atau sosialisasi tenrang kurikulum 2013 kita bisa memperoleh file materi ini, dimana saya juga sanggup file perihal rpp ini dari rekan. Baiklah pribadi saja sebagai berikut
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; (download silabus 2016)
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga siswa mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
b. Partisipasi aktif siswa.
c. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan jadwal sumbangan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan
b. Merumuskan indikator pencapaian KD.
c. Mengembangkan materi pembelajaran. Materi Pembelajaran sanggup berasal dari buku teks pelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber berguru lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
d. Menjabarkan aktivitas pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik diadaptasi dengan kondisi siswa dan satuan guruan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.
e. Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan menurut alokasi waktu pada silabus. Selanjutnya dibagi ke dalam aktivitas pendahuluan, inti, dan penutup.
f. Mengembangkan penilaian pembelajaran dengan cara memilih lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta menciptakan pedoman penskoran.
g. Menentukan taktik pembelajaran remedial segera sesudah dilakukan penilaian.
h. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan dalam langkah klasifikasi proses pembelajaran.
Berikut ini ada beberapa file yang saya sanggup dari guru yang melakukan diklat atau sosialisasi kurikulum 2013
* Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
* PPK
* Soal HOTS
* Pembelajaran Matematika
* Pembelajaran PJOK
download juga buku k13 sd semester 2 revisi 2017 (klik)
Video menciptakan rpp copy paste buku guru https://youtu.be/zoHzL6Ze8xc
Demikanlah postigan perihal RPP Kurikulum 2013 Jenjang SD.
Semoga sanggup bermanfaat
. . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . ...
*Tentang RPP K13 SD*
_w.a 9.1.18_
```RPP merupakan planning pembelajaran yg dikmbgkan scr rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku guru, dan rujukan lain yg mendukung. Pengembangan RPP dpt dilakukan oleh guru secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dan/atau berkelompok (KKG) di sd/m yg sanggup dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sd/mi```
_Dgn postingan ini d harpkan guru sanggup menciptakan RPP secara mudah._
*Alat & bahan:*
1. Permendikbud 22 th 2016 lamp. https://goo.gl/GfT1cJ
2. Silabus Tematik https://goo.gl/zwF9YD
MTK https://goo.gl/uiW8Ls
PJOK https://goo.gl/qqFTGB
3. Buku Guru Siswa R 2017 https://goo.gl/aTvtb2
4. Format Penyusunan RPP 13/3/2017 https://goo.gl/q335aT
5. File Macro Copas Word https://goo.gl/BfTx9N
*Panduan RPP*
1. Presentasi RPP https://goo.gl/u4v6Yt
2. Panduan HOTS https://goo.gl/sQuPAC
3. Modul Pendidikan Karakter https://goo.gl/k2Mkue
4. Panduan MTK & PJOK https://goo.gl/UwC71V
5. Supervisi Pembelajaran https://goo.gl/Bk3ui2
*Quiz Online*
seberapa Anda jauh mengetahui RPP?
klik https://goo.gl/forms/j9mIcloqR3QdekiJ2
*Video*
1. Copy Paste Text Buku Guru pdf ke word https://youtu.be/zoHzL6Ze8xc
2. Copy Paste Gambar Buku Guru pdf ke word https://youtu.be/P1xPAeOxdn8
3. Media Pembelajaran Kls IV Tema 7 ST1 PB1 Indahnya Keragaman di Negeriku https://youtu.be/fza2hzpXvMY
Demikian, semoga bermanfaat
Pada kesempatan ini saya akan posting perihal rpp. RPP merupakan abreviasi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajar. RPP penting untuk seorang guru. Dimiliki dan semestinya bisa di buat sendiri alasannya yaitu masing-masing sekolah atau guru bisa saja berbeda.
Sebelumnya saya minta maaf alasannya yaitu saya OPS kok memposting perihal RPP. Tujuan posting perihal RPP alasannya yaitu mencoba sharing saja dari banyak sekali sumber siapa tahu bisa bermanfaat untuk pribadi saya dan rekan semuanya. Sebenarnya kalau pernah mengikuti diklat atau sosialisasi tenrang kurikulum 2013 kita bisa memperoleh file materi ini, dimana saya juga sanggup file perihal rpp ini dari rekan. Baiklah pribadi saja sebagai berikut
DESKRIPSI RPP
RPP merupakan planning pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku panduan guru, dan rujukan lain yang mendukung. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dan/atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang sanggup dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.Komponen RPP
Komponen RPP merujuk pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 (download di sini), terdiri atas:a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; (download silabus 2016)
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga siswa mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.
```Catatan: Komponen RPP tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan diberikan peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memperlihatkan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran```
Prinsip - Prinsip Penyusunan RPP
Mekanisme pelaksanaan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan (termasuk didalamnya aktivitas evaluasi), dan pertimbangan daya dukung. Tahap pertama, perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan aktivitas penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
b. Partisipasi aktif siswa.
c. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan jadwal sumbangan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan
Langkah – langkah Penyusunan RPP
a. Mengkaji silabus tematik meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.b. Merumuskan indikator pencapaian KD.
c. Mengembangkan materi pembelajaran. Materi Pembelajaran sanggup berasal dari buku teks pelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber berguru lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
d. Menjabarkan aktivitas pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik diadaptasi dengan kondisi siswa dan satuan guruan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.
e. Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan menurut alokasi waktu pada silabus. Selanjutnya dibagi ke dalam aktivitas pendahuluan, inti, dan penutup.
f. Mengembangkan penilaian pembelajaran dengan cara memilih lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta menciptakan pedoman penskoran.
g. Menentukan taktik pembelajaran remedial segera sesudah dilakukan penilaian.
h. Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan dalam langkah klasifikasi proses pembelajaran.
Berikut ini ada beberapa file yang saya sanggup dari guru yang melakukan diklat atau sosialisasi kurikulum 2013
* Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
* PPK
* Soal HOTS
* Pembelajaran Matematika
* Pembelajaran PJOK
download juga buku k13 sd semester 2 revisi 2017 (klik)
Video menciptakan rpp copy paste buku guru https://youtu.be/zoHzL6Ze8xc
Demikanlah postigan perihal RPP Kurikulum 2013 Jenjang SD.
Semoga sanggup bermanfaat
. . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . ...
*Tentang RPP K13 SD*
_w.a 9.1.18_
```RPP merupakan planning pembelajaran yg dikmbgkan scr rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, buku guru, dan rujukan lain yg mendukung. Pengembangan RPP dpt dilakukan oleh guru secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dan/atau berkelompok (KKG) di sd/m yg sanggup dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sd/mi```
_Dgn postingan ini d harpkan guru sanggup menciptakan RPP secara mudah._
*Alat & bahan:*
1. Permendikbud 22 th 2016 lamp. https://goo.gl/GfT1cJ
2. Silabus Tematik https://goo.gl/zwF9YD
MTK https://goo.gl/uiW8Ls
PJOK https://goo.gl/qqFTGB
3. Buku Guru Siswa R 2017 https://goo.gl/aTvtb2
4. Format Penyusunan RPP 13/3/2017 https://goo.gl/q335aT
5. File Macro Copas Word https://goo.gl/BfTx9N
*Panduan RPP*
1. Presentasi RPP https://goo.gl/u4v6Yt
2. Panduan HOTS https://goo.gl/sQuPAC
3. Modul Pendidikan Karakter https://goo.gl/k2Mkue
4. Panduan MTK & PJOK https://goo.gl/UwC71V
5. Supervisi Pembelajaran https://goo.gl/Bk3ui2
*Quiz Online*
seberapa Anda jauh mengetahui RPP?
klik https://goo.gl/forms/j9mIcloqR3QdekiJ2
*Video*
1. Copy Paste Text Buku Guru pdf ke word https://youtu.be/zoHzL6Ze8xc
2. Copy Paste Gambar Buku Guru pdf ke word https://youtu.be/P1xPAeOxdn8
3. Media Pembelajaran Kls IV Tema 7 ST1 PB1 Indahnya Keragaman di Negeriku https://youtu.be/fza2hzpXvMY
Demikian, semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Rpp Kurikulum 2013 Sd"