Pengertian Perangkat Pembelajaran
Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran ialah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan akseptor didik melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bab dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
a. Silabus
Silabus ialah planning pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber berguru yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri sesuai kearifan lokal tempat masing-masing.
Silabus dipakai untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa klasifikasi lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian yang ingin dicapai dan dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Silabus merupakan seperangkat planning serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.
Pada umumnya suatu silabus paling sedikit harus meliputi unsur-unsur:
· Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan,
· Sasaran-sasaran mata pelajaran,
· Keterampilan yang diharapkan biar sanggup menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik,
· Urutan topik-topik yang diajarkan,
· Aktifitas dan sumber-sumber berguru pendukung keberhasilan pengajaran,
· Berbagai teknik penilaian yang digunakan.
Sebagai contohnya, anda bisa mengunjungi url berikut ini :
b. Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian tamat semester maupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga sanggup menjadi panutan untuk memulai maupun mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.
Sebagai contohnya, silahkan klik url berikut ini :
c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson Plan)
Rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu panduan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam skenario kegiatan. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun untuk setiap pertemuan yang terdiri dari tiga planning pembelajaran, yang masing-masing dirancang untuk pertemuan selama 90 menit atau 135 menit (Trianto, 2007).
Adapun komponen planning pembelajaran adalah: (1) standar kompetensi dan kompetensi dasar, dalam hal ini kita harus menentukan dari kurikulum; (2) pokok bahasan; (3) indikator; (4) model pembelajaran, dipilih sesuai pengutamaan kompetensi dan materi; (5) skenario pembelajaran, berisi urutan kegiatan pembelajaran siswa dan mencerminkan pilihan model Pembelajaran, yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; (6) media pembelajaran, dipilih dan di urutkan sesuai skenario pembelajaran; (7) sumber pembelajaran; dan (8) penilaian hasil belajar.
Tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa anda download pada url berikut ini :
d. Lembar Kegiatan Siswa (Student Worksheet)
Lembar kegiatan siswa ialah panduan siswa yang dipakai untuk melaksanakan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Lomba Kompetensi Siswa sanggup disusun dengan bersifat panduan tertutup yang sanggup dikerjakan siswa, sesuai dengan tuntunan yang ada, atau sanggup juga Lomba Kompetensi Siswa yang bersifat semi terbuka. Lomba Kompetensi Siswa model ini memberi peluang bagi siswa untuk menyebarkan kreativitasnya, walaupun masih ada peranan guru dalam menunjukkan arahan. Lomba Kompetensi Siswa model apapun yang disusun harus bisa menunjukkan panduan biar siswa sanggup berguru dengan benar, baik dari segi proses keilmuan maupun dalam memperoleh konsep.
Untuk misalnya sanggup dilihat di sini :
e. Buku
Buku sebagai rangkaian dari perangkat pembelajaran tentunya haru menunjukkan manfaat bagi guru khususnya siswa. Depdiknas (2008a:12) menjelaskan bahwa “Buku ialah materi tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan buah pikiran dari pengarangnya.” Lebih lanjut dijelaskan dari sumber yang sama (Depdiknas, 2008a:12), bahwa: Buku sebagai materi tertulis merupakan buku yang berisi suatu ilmu pengetahuan hasil analisis terhadap kurikulum dalam bentuk tertulis. Sedangkan buku yang baik ialah buku yang ditulis dengan memakai bahasa yang baik dan gampang dimengerti, disajikan secara menarik dilengkapi dengan gambar dan keterangan-keterangannya, isi buku juga menggambarkan sesuatu yang sesuai dengan wangsit penulisnya.
Beberapa batasan buku di atas menjelaskan bahwa buku sebagai salah satu materi bimbing jenis materi cetak merupakan buku yang substansinya ialah pengetahuan, yang disusun menurut analisis kurikulum, disusun untuk memudahkan guru dalam pembelajaran dan siswa berguru mencapai kompetensi yang ditetapkan kurikulum, dengan memperhatikan kebahasaan, kemenarikan, dan mencerminkan wangsit penulisnya. Buku yang memudahkan berguru siswa disebut buku siswa, dan buku yang memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran disebut sebagai buku panduan guru/pendidik, masing-masing mempunyai struktur dan komponen yang khas.
Bagi yang mencari Buku Pelajaran silahkan klk url di bawah ini :
f. Instrumen Penilaian Penilaian
Instrumen Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi wacana kemajuan berguru akseptor didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 wacana Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan menurut indikator-indikator pencapaian hasil berguru dari masing-masing domain tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang dipakai untuk mengumpulkan informasi wacana kemajuan akseptor didik baik berupa tes maupun non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.
Untuk yang terakhir ini , silahkan klik url download berikut ini :
0 Komentar untuk "Pengertian Macam Macam Perangkat Pembelajaran Beserta Download File Perangkat Pembelajaran Gratis"