Aplikasi Kkm Kurikulum 2013 Untuk Sd/Mi

Apilkasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI
 Kurikulum menetapkan standar nilai kelulusan yang wajib diraih oleh siswa sesudah mempela Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI
Aplikasi KKM Kurikulum 2013, - KKM ialah Kriteria Ketuntasan Minimal, Kurikulum menetapkan standar nilai kelulusan yang wajib diraih oleh siswa sesudah mempelajari satu atau beberapa Komptensi Dasar (KD). Nilai KKM ditentukan sebelum memasuki awal tahun pelajaran, penetuan KKM dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan pertimbangan kompleksitas, kemampuan siswa ketersediaan sarana prasana pendukung serta kemampuan guru.

Dalam penentuan KKM beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu Intake ( kemampuan siswa atau daya serap siswa) dan daya dukung yaitu ketersedaian media dan sarana pendukung yang ada di sekolah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ialah perangkat yang memang harus dan wajib dipersiapkan oleh guru kelas maupun guru mata pelajaran seluruh Indonesia.


Fungsi KKM 


Dalam Kurikulum Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mempunyai fungsi sebagai contoh bagi guru kelas dan guru bidang studi dalam menunjukkan evaluasi kepada siswa sesudah mempelajarai satu atau lebih kompetensi dasar. Fungsi lain dari KKM ialah sebagai sasaran setiap satuan pendidikan mencapai sasaran pencapain komptensi setiap mata pelajaran. Penentuan Nilai KKM per kelas tidak ditentukan secara individu tetapi kkm ditentukan dengan musyawarah guru contohnya dalam lembaga KKG, MGMP dan rapat dewan guru.

KKM menerangkan persentase daya serap siswa terhadap tingkat pencapaian kompetensi sehingga nilai maksimal KKM dinyatakan dengan angka 100 persen. Nilai terendah dalam KKM ditentukan dalam musyawarah guru sehingga apabila ada siswa yang memperoleh nilai dibawah standar maka dinyatakan tidak tuntas. Sebaliknya siswa diatas batas terendah dinyatakan tuntas. Siswa yang belum tuntas maka dilakukan tindak lanjut dengan melaksanakan aktivitas remidial.


Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD


Sobat guru. dalam melaksanakan perhitungan nilai KKM paling tidak membutuhkan ketelitian sehingga tidak keliru dalam menetapkan KKM permata pelajaran. Untuk membantu dan mempercepat  penentuan KKM di SD maka diharapkan satu aplikasi yaitu Aplikasi KKM Kurikulum 2013. Aplikasi KKM tersebut ialah aplikasi yang berbasis exel sehingga sanggup memilih nilai secara otomatis. Aplikasi yang tersedia di Format RPP di halaman ini adalah Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD yang telah dipetakan Kompetensi Dasar setiap bidang studi

Baca Juga : Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2018 Kelas 3

Bagi Bapak/Ibu guru jenjang SD atau sederajat yang membutuhkan aplikasi KKM kurikulum 2013 untuk jenjag SD (SD) atau sederajat maka klik tautan dibawah ini!




Sebelum menetukan KKM terlebih dahulu mengisi lembar identitas. Identitas yang harus diisi lebih dulu ialah Nama sekolah, Nama Kelas, dan Tahun Pelajaran. Kemudian mengisi identitas kepala sekolah dan guru kelas atau guru mata pelajaran. Jika Kesulitan mendonwload Aplikasi KKM Kurikulum 2013 untuk SD maka baca cara download perangkat pembelajaran

Identias Kepala sekolag dan guru dalam Aplikasi KKM Kurikulum 2013 ialah nama sekolah dan guru kelas/mapel, NIP, dan nama guru bidang studi. Dengan menggunakan Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI maka sanggup dengan cepat dan akurat penetuan nilai KKM permata pelajaran serta tidak lagi disibukan dengan melaksanakan perhitungan manual.

Baca Juga : 

  1. Aplikasi Kepala Sekolah SD/MI Kurikulum 2013
  2. Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 Revisi 2018


Demikian Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI biar sanggup membantu bagi rekan guru SD.

Terima Kasih..

0 Komentar untuk "Aplikasi Kkm Kurikulum 2013 Untuk Sd/Mi"

Back To Top